Kata-Kata untuk Memotivasi Karyawan

Kata-Kata untuk Memotivasi Karyawan

Editor AJAR.id

Kata-Kata untuk Memotivasi Karyawan

AJAR.id – Hello Ajarian! Di dalam melakukan pekerjaan terkadang karyawan merasa jenuh, bosan, suntuk, dan terkadang mengalami stres. Belum selesai urusan pekerjaan, terkadang beban pikiran karyawan semakin bertumpuk karena ada masalah di luar pekerjaan seperti masalah pribadi dan masalah keluarga. Peran seorang pemimpin atau Manajer adalah memberikan motivasi agar performa karyawan bisa kembali sehingga tidak mengganggu kegiatan operasional maupun mengganggu pekerjaannya.

Salah satu cara memberikan motivasi adalah dengan menggunakan cara verbal yang berarti seorang Manajer mengucapkan kata-kata yang bisa membangkitkan kembali semangat kerja karyawan yang dipimpinnya.

Kata atau kalimat apa saja yang bisa digunakan Manajer untuk membangkitkan semangat karyawan?

Berikut ini adalah kata-kata atau kalimat yang bisa memberikan semangat dan motivasi karyawan:

  1. Aku percaya denganmu
    Rasa kepercayaan yang diberikan Manajer untuk karyawan bisa membuat karyawan tersebut menjadi semangat dan termotivasi untuk menunjukkan kinerja yang baik. Dengan diberikannya kepercayaan, seorang karyawan menjadi semakin percaya diri untuk menyelesaikan pekerjaan yang dipercayakan untuknya. Catatannya, sebelum Kamu dipercaya harus bisa menunjukkan cara kerja di bidang yang ditekuni.
  2. Terima kasih
    Kata “terima kasih“ adalah salah satu bentuk penyampaian penghargaan yang sederhana ketika karyawan telah menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh Manajer. Di era sekarang, ucapan “terima kasih” jarang diucap dengan alasan sudah sewajarnya karyawan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan oleh Manajer. Padahal, ungkapan ini sangat murah dan dapat menjadi penghargaan bagi karyawan.
  3. Bagaimana menurutmu?
    Ucapan “bagaimana menurutmu?” ini bisa berakibat positif bagi kinerja karyawan, karena dengan pertanyaan tersebut karyawan terdorong untuk menyampaikan pendapatnya. Selain itu, karyawan juga merasakan kalau dirinya dianggap “ada” dan berperan terhadap kontribusi tim di departemennya.
  4. Apa yang bisa aku bantu?
    Terkadang karyawan terlalu takut untuk meminta bantuan seorang Manajer sehingga karyawan tersebut merasa kesulitan sendiri. Menjadi seorang Manajer haruslah peka terhadap karyawannya, dengan bertanya “apa yang bisa aku bantu?” membuat karyawan menjadi lebih ringan untuk mengerjakan pekerjaannya sehingga tidak meningkatkan daya stres karyawan tersebut. Di sisi lain, Manajer akan menjadi dekat dengan karyawannya sehingga memudahkan koordinasi kerja dan komunikasi menjadi lebih terbuka.
  5. Aku bangga denganmu
    Ucapan “aku bangga denganmu” adalah salah satu penghargaan yang bisa diberikan untuk karyawan. Rasa bangga Manajer terhadap kinerja karyawannya bisa membuat karyawan tersebut semakin termotivasi untuk terus memperbaiki diri sehingga terciptalah ritme kerja yang baik dan hasil kerja yang baik juga.

Sahabat Ajarian, itulah beberapa perkataan yang bisa memberikan motivasi bagi karyawan. Jadi, seorang Manajer haruslah memiliki kriteria seperti yang dijabarkan oleh Ki Hajar Dewantara : “ING NGARSO SUNG TULADHA“ (Pemimpin itu di depan memberikan contoh yang baik) , “ING MADYA MANGUN KARSO“ (Pemimpin itu di tengah memberikan semangat), “TUT WURI HANDAYANI“ (pemimpin itu di belakang memberikan dorongan).

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Recommended Posts

AJAR in The News