Kebijakan dan Prosedur Hotel Terkait Layanan Valet

Kebijakan dan Prosedur Hotel Terkait Layanan Valet

Editor AJAR.id

Kebijakan dan Prosedur Hotel Terkait Layanan Valet

AJAR.id – Hello Ajarian! Hotel memiliki serangkaian kebijakan dan prosedur perusahaan yang berkaitan dengan penyediaan layanan valet. Kebijakan dan prosedur tersebut umumnya berupa hal-hal yang standar, namun dapat bervariasi di tiap-tiap hotel.

Apa saja sih kebijakan dan prosedur standar hotel terkait layanan valet?

  1. Standar dan protokol pelayanan, bisa berupa:
  • Dalam kondisi seperti apa layanan valet tersedia atau disediakan.
  • Rasio staf valet untuk tamu - satu staf tidak dapat melayani secara efektif untuk kelompok besar tamu dan hotel memberikan panduan tentang jumlah valet yang diperlukan untuk memenuhi berbagai ukuran kelompok.
  1. Kejujuran – mencakup keharusan staf valet untuk jujur dalam semua interaksi mereka dengan tamu. Dalam prakteknya ini bisa berarti:
  • Mengatakan yang sebenarnya - tentang produk dan layanan, apa yang dapat dan tidak bisa disediakan oleh hotel.
  • Tidak mencuri – baik dalam bentuk uang, properti, maupun informasi yang berkaitan dengan tamu.
  • Tidak sembarang mengambil foto – yaitu foto barang-barang tamu, aktivitas maupun foto diri tamu.

Sebagai catatan, ada kalanya staf valet perlu untuk ‘berbohong’, misalnya kepada tamu lain atau media. Tujuannya untuk melindungi privasi dan keselamatan tamu VIP.

  1. Menggunakan fasilitas dan properti hotel untuk kepentingan pribadi – selain itu, umumnya juga berlaku aturan yang melarang staf untuk menggunakan barang tamu kecuali saat diminta.
  2. Melayani tamu VIP – tugasmu meliputi:
  • Menyiapkan item-item khusus yang tidak ditawarkan ke tamu reguler.
  • Menunjukkan perlakuan eksklusif kepada VIP – misalnya dengan selalu memberikan opsi terbaik dari yang tersedia atau mengutamakan preferensi pribadi mereka di atas ketentuan layanan standar yang diberikan oleh hotel.
  • Melindungi keamanan dan keselamatan tamu VIP dengan standar yang di atas tamu reguler. Contohnya menjalin koordinasi dengan pihak security untuk memastikan keamanan dan keselamatan tamu VIP.
  1. Menyediakan complimentary item dan service – misalnya welcome drink, flower bouquet, dll.
  2. Kewenangan khusus - valet secara tradisional memiliki ruang lingkup wewenang yang memungkinkan mereka menangani berbagai masalah yang dihadapi tamu. Seperti ketika ada komplain atau dalam keadaan darurat.
  3. Prosedur pelaporan – valet diharuskan untuk melakukan sejumlah pelaporan untuk berkomunikasi dengan staf lain atau pihak eksternal hotel. Pelaporan ini diperlukan misalnya saat ada kendala/insiden, untuk melakukan konfirmasi permintaan tamu, dll.

Kebijakan dan prosedur yang terkait dengan layanan valet dapat bervariasi dan tergantung pada manajemen hotel. Kamu bisa mengetahui apa saja yang berlaku di tempat kerjamu dengan cara mengikuti program training untuk valet service, atau cukup membaca dokumen yang relevan.

Selain itu, Kamu juga bisa berbicara dengan staf yang lebih senior dan berpengalaman untuk mengetahui apa saja yang mereka anggap sebagai hal penting yang patut diperhatikan dan dipatuhi selama bekerja.

Baca juga: Standar Grooming untuk Staf Valet di Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News