Kegunaan Gula, Telur, dan Susu Bubuk dalam Pembuatan Roti

Kegunaan Gula, Telur, dan Susu Bubuk dalam Pembuatan Roti

AJAR Hospitality

Kegunaan Gula, Telur, dan Susu Bubuk dalam Pembuatan Roti

AJAR.id – Hello Ajarian! Saat membuat roti, beberapa bahan dapat ditambahkan ke dalam adonan untuk meningkatkan kualitas produk yang meliputi nilai gizi, daya tarik visual, dan rasa. Bahan-bahan yang biasanya ditambahkan adalah gula, telur, dan susu bubuk.

Apa sih kegunaan dari menambahkan gula, roti, dan susu bubuk saat membuat roti? Simak yuk!

Gula

Saat gula ditambahkan hingga 5% ke dalam adonan, hal ini akan meningkatkan proses fermentasi. Akan tetapi, bila lebih dari 5% justru menghambat fermentasi lho!

Gula tidak hanya berperan sebagai pemanis, namun juga melembutkan adonan dan membuat warna adonan semakin putih. Fungsi lain dari gula yaitu memungkinkan retensi air yang lebih besar, sehingga membuat roti tetap lembab, dan umur simpan roti menjadi lebih lama. Gula memang memberikan kualitas makan yang lebih baik, tetapi Kamu juga perlu berhati-hati karena jumlah tinggi bisa menyebabkan hilangnya rasa roti.

Telur

Telur bisa dibeli dalam bentuk utuh dengan cangkang, cair (liquid) dan beku. Kegunaan telur dalam pembuatan roti tentu banyak sekali! Telur akan melembapkan dan memperkaya rasa, hal ini disebabkan oleh lemak yang terkandung dalam kuning telur. Kandungan nutrisi roti pun juga akan meningkat jika Kamu menambahkan telur dalam adonan roti.

Telur dapat mengemulsi adonan, karena adanya lesitin dalam kuning telur,...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News