Kelebihan dan Kekurangan Layanan Off-Site Laundry

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Off-Site Laundry

AJAR Hospitality

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Off-Site Laundry

AJAR.id – Hello Ajarian! Tidak semua hotel memiliki fasilitas in-house laundry sendiri. Beberapa hotel lebih memilih layanan off-site laundry dan dry cleaning. Hal ini dikarenakan beberapa alasan, seperti labor cost, efisiensi waktu, serta pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Off-site laundry kedengarannya lebih praktis, karena hotel cukup menyerahkan linen ke pihak ketiga kemudian menerima linen dalam keadaan bersih dan siap pakai. Akan tetapi, layanan off-site laundry juga memiliki kelebihan dan kekurangan lho! Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan layanan off-site laundry

  1. Hotel tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli mesin dan linen, karena sudah menjadi tanggung jawab laundry service provider.
  2. Seluruh biaya utilitas (listrik, air, gas), biaya maintenance dan biaya tenaga kerja juga telah ditanggung oleh laundry service provider.
  3. Adanya jadwal pengiriman dan pengambilan laundry secara berkala.
  4. Hotel bisa mengetahui seluruh biaya produksi laundry sehingga dapat disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Kekurangan layanan off-site laundry

  1. Laundry provider mungkin saja tidak bisa memenuhi request dari hotel atas kebutuhan jenis linen tertentu. Sebagai contoh, hotel bintang lima meminta kualitas linen yang berbeda dengan hotel bintang tiga.
  2. Hotel tidak memiliki kontrol penuh atas kualitas linen yang diproses oleh laundry service provider.
  3. Hotel memerlukan staf untuk menghitung seluruh linen bersih yang diterima lalu dicek apakah jumlahnya sesuai dengan jumlah pada delivery docket. Bila ada kekurangan atau kerusakan pada linen yang dikirim, informasikan pada laundry provider agar linen baru bisa dikirimkan untuk menjaga stok linen di hotel tetap memadai.
  4. Karena lokasi laundry yang di luar hotel (off-site) maka menjadi kurang fleksibel. Contohnya saat ada kebutuhan linen yang mendadak karena stok di hotel habis, dibutuhkan waktu ekstra untuk mengirimkan supply linen ke hotel. Dalam situasi ini, tamu perlu diberi pengertian agar tidak merasa kecewa dengan pelayanan hotel.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan off-site laundry tentu membantumu untuk memutuskan layanan laundry seperti apa yang dibutuhkan hotel, in-house atau off-site. Pastikan Kamu mempertimbangkan segala aspek dari pilihan yang ada sebelum membuat keputusan ya!

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan In-House Laundry Service

Salam jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News