Kenapa Kita Harus Mengecek Departure List?

Kenapa Kita Harus Mengecek Departure List?

Editor AJAR.id

Kenapa Kita Harus Mengecek Departure List?

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Salah satu tugas seorang staf front office adalah mengecek departure list. Sesuai namanya, departure list berisi daftar nama tamu yang dijadwalkan kepulangannya pada hari tersebut.

Namun, tidak selalu semua tamu pulang sesuai dengan jadwal, bisa jadi mereka sudah pulang lebih awal atau justru memperpanjang lama tinggalnya. Inilah sebabnya resepsionis harus selalu memantau departure list tamu hotel. Kali ini AJAR.id akan memberitahu mengapa resepsionis harus mengecek departure list.

Nah, dengan data dalam departure list maka Ajarian bisa menindaklanjuti hal di bawah ini:

  • Express check-outs
    Menyiapkan dokumen untuk diserahkan ke tamu, karena proses check-in yang diinginkan tamu adalah yang cepat dan efisien.
  • Group check-outs and late check-outs
    Agar meja resepsionis tidak disibukkan dengan rombongan tamu pada satu waktu, guest folios bisa disiapkan sebelum mereka check-out.
  • Early check-outs
    Hal ini akan berdampak pada kinerja housekeeping serta resepsionis, dan harus ditentukan apakah tamu akan diminta biaya tambahan atau tidak.
  • Variationsto check-out from details indicated on the registration card
    Housekeeping sebelumnya akan menerima laporan data tamu check-in/check-out. Periksa departure list tamu untuk mengecek apakah ada perubahan-perubahan dengan data registration card sebelumnya seperti overstays dll.

Departure list bisa dicetak di malam sebelumnya atau pada pagi hari oleh staf yang bertugas. Manfaat Kamu mengecek departure list adalah bisa mengetahui kalau ada perubahan jadwal kepulangan tamu. Kadang ada tamu yang ingin pulang lebih cepat, sehingga kamar tamu tersebut bisa Kamu ubah statusnya menjadi available agar bisa dijual lagi.

Data dalam departure list juga akan memudahkan Kamu melayani tamu saat check-out dengan cepat dan efisien. Di samping itu, Kamu juga bisa mengidentifikasi tamu korporat (jenis tamu yang pembayarannya ditagihkan ke perusahaan mereka), karena slip bukti perusahaan harus dijadikan satu dengan registration card tamu.

Hal lain yang berkaitan dengan pengecekan departure list adalah saat Kamu memeriksa tamu yang sudah melampaui limit pembayaran kartu kreditnya. Bila seperti ini, Kamu harus menghubungi tamu untuk meminta persetujuan penambahan limit ataukah tamu ingin membayar dengan cara yang lain.

Kalau ada departure lis, maka tentu ada juga yang bernama arrival list. Nah Sahabat Ajarian, untuk menambah wawasanmu seputar arrival list, baca juga ya artikel Mengecek Data Arrival List dan Fungsi Arrival List.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News