Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Industri Pariwisata dan Perhotelan

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Industri Pariwisata dan Perhotelan

AJAR Hospitality

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Industri Pariwisata dan Perhotelan

AJAR.id – Hello Ajarian! Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) tentu sudah menjadi topik yang sering Kamu dengar, bukan? Lalu, ada apa dengan K3 sehingga menjadi sesuatu bagian dalam industri yang wajib diketahui dan dilaksanakan?

Di hampir seluruh negara, termasuk Indonesia, keselamatan dan kesehatan kerja rupanya sudah ambil bagian dalam undang-undang, baik yang berhubungan dengan ketenagakerjaan, kesehatan, dan jaminan keselamatan dalam pekerjaan.

Di Indonesia perihal keselamatan dan kesehatan kerja dirangkum oleh Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang keselamatan dan keselamatan kerja menjabarkan tentang prinsip dasar dan pelaksanaannya.

Meskipun begitu, Kamu sebaiknya tidak menganggap K3 sebagai hal yang rumit atau hanya dapat ditangani oleh tim-tim ahli tertentu saja. Pada dasarnya informasi terkait K3 dan pelaksanaannya cukup sederhana dan berkaitan dengan aktivitasmu sehari-hari di tempat kerja.

Memang secara struktural, peran K3 itu sendiri dibedakan antara pemilik/pemimpin industri dan pekerjanya. Sesuai dengan fungsi masing-masing itulah peran K3 dapat berjalan dengan semestinya.

Dalam cakupan pemilik/pemimpin industri misalnya, K3 berperan sebagai sarana untuk memantau, memastikan, dan memberikan arahan tentang kesehatan dan keselamatan para pekerja serta pelanggan. Selain itu, kelancaran dan keberhasilan proses kerja pun juga menjadi sasaran utama.

Jika...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News