Ketentuan-Ketentuan Dasar untuk Membuat Cocktail

Ketentuan-Ketentuan Dasar untuk Membuat Cocktail

AJAR Hospitality

Ketentuan-Ketentuan Dasar untuk Membuat Cocktail

AJAR.id – Hello Ajarian! Setiap restoran pasti memiliki resep standar untuk membuat cocktail. Di samping itu, ada pula ketentuan dasar ketika membuat/mencampurkan bahan-bahan untuk cocktail yang meliputi:

  1. Tempat kerja atau tempat untuk membuat cocktail harus disiapkan dengan baik dan enak dipandang. Selain itu, kebersihan juga harus terjaga. Pastikan bahan-bahan, gelas, peralatan, dekorasi dan garnish sudah disiapkan dengan jumlah yang mencukupi.
  2. Bersihkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan untuk mencampurkan cocktail. Biasanya peralatan perlu dibersihkan atau dicuci ketika sedang digunakan.
  3. Hanya gunakan gelas yang sudah dilap. Cocktail harus dituangkan pada gelas yang bersih, tidak cuil ataupun retak.
  4. Gunakan resep standar yang sudah ditetapkan untuk mengetahui jumlah bahan-bahan yang digunakan:
  • Seluruh bahan-bahan harus dituangkan dengan jumlah yang tepat sesuai dengan resep. Staf atau bartender tidak diperbolehkan untuk menebak-nebak jumlah bahan-bahan yang digunakan.
  • Cocktail harus dibuat dengan menggunakan merek-merek minuman yang sudah ditentukan agar rasanya tidak berubah.
  1. Selalu letakkan shaker, blender atau gelas dengan ketinggian di atas dada karena peralatan ini harus selalu berada pada pandanganmu. Jika terlalu tinggi maka akan susah untuk mengontrolnya.
  2. Jangan blender bahan yang mengandung susu terlalu lama.
  3. Saring bahan-bahan yang tidak diinginkan saat minuman dituangkan dari shaker. Ketentuan standar untuk mengocok cocktail adalah es batu dan bahan-bahan tidak disajikan dalam cocktail yang sudah jadi.
  4. Tambahkan jus atau soda ketika cocktail dituangkan ke dalam gelas. Prosedurnya meliputi:
  • Masukkan es menggunakan capit atau sendok.
  • Tambahkan spirit dan/atau
  • Tambahkan bahan-bahan lainnya seperti jus buah, susu dan soda.
  • Tambahkan garnish dan/atau dekorasi
  • Lalu sajikan
  1. Saat membuat lebih dari satu cocktail menggunakan shaker atau blender, tuangkan minuman yang sudah jadi dengan jumlah separuh gelas lalu tuangkan pada gelas lainnya. Jika masih sisa Kamu bisa menuangkannya kembali.
  2. Jangan memberikan garnish terlalu banyak agar cocktail tak terlihat seperti salad.
  3. Pastikan tidak ada biji pada buah yang dijadikan garnish. Kamu bisa mengeluarkannya terlebih dahulu dengan menggunakan pisau kecil.
  4. Gunakan sedotan yang tepat. Sedotan berukuran pendek bisa digunakan untuk minuman yang disajikan pada gelas pendek. Untuk gelas berukuran tinggi, gunakan sedotan yang panjang.
  5. Saat menyajikan cocktail pegang bagian batang atau dasar gelas. Jangan memegang pada pinggiran gelas.

Ketentuan di atas berlaku di seluruh restoran atau hotel yang menyediakan cocktail. Jadi, bartender atau staf beverage harus mengetahui ketentuan-ketentuan di atas sebelum menyajikan cocktail pada pelanggan.

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News