Konsep ‘AQUA’ untuk Menangani Komplain Tamu di Industri Perhotelan

Konsep ‘AQUA’ untuk Menangani Komplain Tamu di Industri Perhotelan

AJAR Hospitality

Konsep ‘AQUA’ untuk Menangani Komplain Tamu di Industri Perhotelan

AJAR.id – Hello Ajarian! Menangani komplain dari tamu bukanlah perkara mudah, terutama saat tamu sudah sangat marah dan kecewa! Bila tidak ditangani dengan tepat, Kamu bisa memperparah situasi.

Untuk mempermudah penyelesaian komplain, AJAR.id akan mengenalkanmu pada konsep ‘AQUA’. Konsep ini adalah panduan untuk menangani komplain melalui empat langkah mudah. Menggunakan konsep AQUA sangat direkomendasikan karena konsep ini menjabarkan cara standar dalam menanggapi komplain tamu di hotel.

‘AQUA’ terdiri dari empat langkah, yaitu:

A = Acknowledge

Q = Question

U = Understand

A = Answer.

Bagaimana cara penerapan konsep AQUA? Simak selengkapnya yuk!

  1. Acknowledge
    Tahap pertama adalah ‘Acknowledge’ atau kenali penyebab masalah yang terjadi. Dalam tahap ini, Kamu harus mendorong tamu/customer untuk menjelaskan situasi tersebut, sehingga Kamu mampu mengenali penyebab masalah yang timbul.

Di sini Kamu perlu menyampaikan maaf kepada tamu serta menunjukkan kesediaanmu untuk membantu mereka, sebagai contoh: ‘Mohon maaf atas ketidaknyamanannya pak Adi, sepertinya ada kesalahan...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News