Kunci Teamwork yang Solid di Industri Pariwisata dan Perhotelan

Kunci Teamwork yang Solid di Industri Pariwisata dan Perhotelan

Editor AJAR.id

Kunci Teamwork yang Solid di Industri Pariwisata dan Perhotelan

AJAR.id – Hello Ajarian! Teamwork bisa diartikan sebagai tindakan kolektif yang dilakukan sejumlah orang untuk mencapai tujuan yang sama. Tujuan atau ‘goal’ yang dimiliki tiap perusahaan tentu berbeda-beda, namun pada dasarnya tujuan utama mereka adalah memberikan pelayanan maksimal agar customer mendapatkan pengalaman menyenangkan, di mana hal ini menjadi investasi yang baik bagi perusahaan.

Salah satu cara untuk meningkatkan teamwork adalah dengan melibatkan para karyawan dalam kegiatan yang mengharuskan mereka bekerja sebagai tim. Adapun yang dimaksud dengan tim adalah sekelompok orang yang:

  • Memiliki tujuan yang sama. Seluruh karyawan patut memahami apa saja tujuan dalam tim beserta alasan mengapa tujuan tersebut menjadi penting.
  • Bekerja dengan bergantung satu sama lain. Tindakan yang dilakukan satu orang akan mempengaruhi karyawan lainnya.
  • Memiliki peran tersendiri yang harus dilaksanakan agar tujuan tim tercapai.
  • Menikmati bekerja sama. Di mana sekelompok orang menghasilkan pekerjaan yang lebih baik daripada bekerja sendirian.
  • Mengemban tanggung jawab bersama, di samping tanggung jawab pribadi.
  • Mampu bertindak dan membuat keputusan.
  • Memahami pentingnya bekerja sebagai tim.

Lalu, apa kunci untuk mencapai teamwork yang solid?

Teamwork yang bagus akan tercapai saat Kamu bisa meminta dan memberikan bantuan kepada rekan kerja yang lain saat diperlukan.

Ingatlah bahwa tidak setiap orang bisa melakukan segalanya sendirian, maka dalam sebuah team harus bisa saling membantu. Situasi yang mengharuskan Kamu meminta bantuan orang lain misalnya karena Kamu:

  • tidak memahami sesuatu,
  • tidak memiliki waktu,
  • ada orang lain yang lebih kompeten, atau
  • dibutuhkan lebih dari satu orang untuk mengerjakannya.

Industri perhotelan adalah industri yang sangat berpacu dengan waktu (time-oriented). Customer mengharapkan service diberikan tepat waktu, kalau tidak, tentu level kepuasan mereka akan menurun. Dalam konteks ‘teamwork’, seorang anggota team semestinya tidak bisa melanjutkan pekerjaan ketika anggota lainnya gagal menyelesaikan tugas mereka. Di sinilah bantuan antar anggota diperlukan sebelum situasi menjadi lebih buruk. Saat Kamu kesulitan mengerjakan sesuatu, segeralah meminta bantuan agar service yang diberikan pada customer tidak mengalami ‘delay’.

Kepada siapa Kamu bisa meminta bantuan?

Orang yang bisa Kamu mintai bantuan ada beragam, tergantung dari team, departemen, Manajer, dan Supervisormu. Sebelum meminta bantuan, selalu pikirkan dulu apakah orang tersebut memiliki cukup waktu sehingga tidak menginterupsi pekerjaan mereka.

Bagaimana cara memberikan bantuan pada orang lain?

Sama halnya dengan meminta bantuan kepada staf lain, Kamu juga harus siap saat ada yang membutuhkan bantuanmu. Akan lebih baik lagi saat Kamu bersedia menawarkan bantuan sebelum diminta.

Hal ini menunjukkan kepedulianmu terhadap rekan kerja lain. Saat sedang membantu rekan kerjamu, pastikan untuk melakukannya tanpa mengeluh, merasa keberatan, apalagi pamrih! Berikan bantuanmu dengan maksimal, barulah kembali mengerjakan tugasmu yang lain. Tujuan dari saling membantu antar anggota team adalah untuk:

  • Memastikan tujuan bersama bisa tercapai.
  • Memberikan pelayanan prima pada customer.
  • Membuktikan komitmenmu pada tim.
  • Mendorong anggota tim lainnya untuk membantu Kamu saat diperlukan.

Dalam dunia hospitality, tidak ada yang bisa memenuhi kebutuhan semua customer seorang diri. Dibutuhkan usaha dari berbagai pihak untuk mencapai kesuksesan. Masing-masing individu dalam tim memiliki karakter, pengalaman, pengetahuan dan skill yang berbeda-beda, jika dimanfaatkan dengan benar tentu akan berdampak positif terhadap pelayanan ke customer.

Baca juga: 4 Kunci Penting Pemimpin di Industri Perhotelan

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News