Langkah Evakuasi dan Penyelamatan Kebakaran di Hotel

Langkah Evakuasi dan Penyelamatan Kebakaran di Hotel

Editor AJAR.id

Langkah Evakuasi dan Penyelamatan Kebakaran di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah kita mempelajari tentang tugas dan peran tim pemadam kebakaran di hotel, maka dalam artikel ini kita akan kupas langkah-langkah dalam evakuasi dan penyelamatan kebakaran di lingkungan hotel.

Apa saja kah langkah-langkah dalam evakuasi dan penyelamatan di hotel?

  1. GM atau Ketua Emergency Response Team Memberikan Instruksi Evakuasi
    Setelah status darurat dan evakuasi ditetapkan, maka selaku kepala tim penanggulangan kondisi darurat di hotel, ia akan memberikan perintah kepada tim evakuasi danpenyelamatan untuk melakukan tugasnya. Sementara itu, tim koordinator akan menghubungi petugas pemadam BPBD yang bermarkas di sekitar hotel untuk segera menuju ke hotel.
  2. Tim Evakuasi Mengumpulkan Data
    Data-data terdiri dari data catatan orang yang beraktivitas di hotel seperti nama tamu yang sedang menginap, di mana sumber data ini berasal dari front office. Data-data tersebut berisikan nama karyawan beserta jadwal kerja dari human resources dan tiap-tiap departemen. Selain itu, data-data supplier yang masuk ke area hotel dari bagian security.
  3. Tim Evakuasi Menyusuri Titik Keberadaan Api dan Area-Area Lainnya 
    Ketuk pintu sebanyak 3 kali baik itu pintu toilet karyawan, toilet umum, kamar hotel, toilet kamar, ruangan kerja maupun pintu lainnya untuk memastikan apakah ada orang atau tidak di dalam titik terjadinya kebakaran. Apabila setelah diketuk tidak ada respons, maka salah satu anggota akan mendobrak pintu tersebut sampai terbuka untuk mengevakuasi orang yang berada di dalamnya.
  4. Berikan Tanda untuk Ruangan Kosong
    Beri tanda X di muka pintu dengan menggunakan kapur untuk menandakan bahwa di ruangan tersebut tidak ada orang alias "clear". Lalu, tim evakuasi melanjutkan ke area yang lain sesuai dengan lokasi yang ditugaskan oleh tim koordinator atau ketua.
  5. Berikan Arahan ke Tamu agar Menuju Pintu dan Tangga Darurat
    Arahkan tamu atau orang yang Kamu temui untuk segera menuju tangga darurat dan menghindari menggunakan lift agar tidak terjebak di dalamnya karena pada situasi seperti ini listrik dalam kondisi padam. Lift yang memiliki spesifikasi dan kualitas tinggi akan secara otomatis turun dan berhenti di lantai dasar apabila listrik sudah padam.
  6. Gunakan Akses Tangga Darurat secara Tertib dan Teratur
    Ketika berada di tangga darurat pastikan tidak saling berdesakan dan terburu-buru untuk meminimalkan adanya korban tambahan karena terinjak-injak. Sampaikan kepada orang yang Kamu temui untuk tetap tenang dan tertib menuju ke lokasi titik temu/assembly point yang telah ditetapkan.
  7. Petugas Pemadam Hotel (Internal Fire Fighter) Mengaktifkan Hydrant
    Setelah dipastikan sudah tidak ada orang yang masih terjebak oleh tim evakuasi dan penyelamatan, maka fire fighter internal akan mulai menggunakan hydrant, alat penghisap asap dan alat-alat lainnya untuk langkah pemadaman awal, sembari menunggu tim pemadam dari BPBD tiba di lokasi hotel untuk proses pemadaman lebih lanjut.
  8. Padamkan Api di Area yang Lain
    Petugas pemadam internal yang lainnya akan membantu memadamkan api di luar area gedung hotel menggunakan hydrant hingga api padam.
  9. Tim Evaluasi Mencocokkan Data 
    Mereka akan melakukan "absensi" untuk memastikan bahwa semua karyawan, tamu, dan supplier sudah berada di assembly point. Bila ada perbedaan, maka tim evaluasi akan berkoordinasi dengan tim evakuasi untuk memeriksa kembali orang yang belum hadir di titik area sesuai yang tercantum dalam dokumen yang diterima.
  10. Tim Pemadam Kebakaran dari BPBD Mengambil Alih 
    Setelah tim pemadam kebakaran dari BPBD tiba di lokasi, maka mereka akan mengambil alih memadamkan api yang telah dilakukan oleh tim pemadam internal hotel. Lalu, mereka diminta menuju titik kumpul/assemblypoint untuk bergabung dengan yang lainnya.
  11. Pimpinan Tim Evaluasi Membuat Laporan
    Setelah kebakaran teratasi, pimpinan dari tim evaluasi akan membuat catatan dan laporan mengenai kronologis kebakaran, proses evakuasi, dan penyelamatan kebakaran yang telah dilakukan.

Sahabat Ajarian, setiap hotel pastinya tidak menginginkan situasi seperti ini terjadi, apalagi hingga timbul kerugian materi dan non materi. Nah, untuk itu sangat penting bagi hotel untuk membuat rencana pelatihan dan simulasi secara reguler sehingga semua karyawan memahami langkah-langkah yang harus dilakukan ketika situasi seperti ini terjadi.

Baca juga: Prosedur Pemadaman Api di Hotel

Salam Jempol!

Recommended Posts

AJAR in The News