Langkah Ke 3 Program Efisiensi Energi di Hotel: Menyusun Rencana Aksi

Langkah Ke 3 Program Efisiensi Energi di Hotel: Menyusun Rencana Aksi

Editor Ajar

Langkah Ke 3 Program Efisiensi Energi di Hotel: Menyusun Rencana Aksi

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah Kita belajar Cara Menentukan Target Efisiensi Enenrgi di Hotel, pada artikel ini akan diulas langkah ketiga dalam proses efisiensi energi, yakni menyusun rencana aksi efisiensi energi di hotel.

Langkah berikut setelah menentukan target efisiensi adalah menyusun rencana aksi berikut jadwal pelaksanaannya. Rencana aksi ini harus disetujui dan didukung penuh oleh pihak manajemen.

Rencana aksi adalah inti dari sebuah program efisiensi energi. Rencana tersebut akan mencakup rincian langkah-langkah untuk mencapai setiap target efisiensi yang akuntabel, lengkap dengan jadwal kapan dimulai dan berakhir, serta anggaran yang diperlukan.

Rencana aksi akan membantu memastikan bahwa peluang penghematan energi yang sudah direncanakan benar-benar dijalankan, serta memberikan sebuah rencana untuk melakukan monitoring. Rencana aksi dapat dibuat untuk jangka waktu per 4 bulan, 6 bulan, atau tahunan.

Pada prakteknya, rencana aksi tidak akan disusun oleh manajemen puncak. Sehingga, apabila rencana aksi telah disusun, dokumen ini kemudian harus dipresentasikan kepada pihak manajemen puncak untuk memperoleh persetujuan. Dalam rencana aksi perlu ditekankan mengenai manfaat program efisiensi secara keseluruhan, seperti...

Yuk daftar GRATIS sebagai Ajarian dan dapatkan akses unlimited ke konten-konten jempolan di AJAR.id

Already a member?
Sign in

Recommended Posts

AJAR in The News