Langkah-Langkah Memproses Pesanan Customer ke Kitchen

Langkah-Langkah Memproses Pesanan Customer ke Kitchen

AJAR Hospitality

Langkah-Langkah Memproses Pesanan Customer ke Kitchen

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam menangani order masuk, mayoritas restoran menggunakan software untuk menyerahkannya ke kitchen. Meski sudah menggunakan software pun, waiter tetap harus berbicara langsung pada customer untuk menjelaskan menu atau mengklarifikasi order. Terlebih ketika restoran masih menggunakan sistem manual, waiter perlu memastikan bahwa order diterima dan diproses dengan benar.

Lalu, bagaimana tips menyampaikan order dengan tepat ke kitchen?

  1. Pastikan Kamu mendapat perhatian penuh saat menyampaikan order, misalnya dengan berkata ‘Order!’
  2. Menjelaskan special request kepada chef atau menuliskannya di kolom special request.
  3. Bila perlu, jelaskan order secara verbal, dengan jelas dan akurat. Saat menjelaskan, Kamu harus mendengar respons dari chef sebagai tanda bahwa order telah dimengerti.
  4. Ulangi penjelasan bila tidak ada respons yang terdengar.

Informasi apa saja yang perlu disampaikan ke kitchen?

Informasi seputar order dari customer yang patut Kamu sampaikan ke kitchen seperti:

  • Timing issues – sebagai contoh, beritahu kitchen bila ada customer yang ingin ordernya dipercepat karena sedang terburu-buru atau ketika customer ingin ordernya ditunda, misalnya meminta dessert disajikan 30 menit setelah main course.
  • Coordination of service – jelaskan pada bar attendant mengenai makanan yang dipesan customer agar bisa menyajikan jenis wine yang cocok pada waktu yang tepat.
  • Dietary requirements – kebutuhan diet yang dimiliki customer, misalnya bagi vegetarian.
  • Special requests – bisa berupa ukuran penyajian, cara memasak, atau tambahan lain yang tidak tertera di menu.
  • Tingkat kematangan daging steak – apakah rare, medium rare, atau well done.
  • Urutan menu yang disajikan – misalnya menu entrée disajikan sebagai main course.
  • Penjelasan detail seputar pesanan sebuah table – misalnya, di table 8 terdapat 6 orang di mana hanya 4 orang yang memesan soup.

Informasi mengenai special request harus disampaikan ke orang-orang berikut, yaitu head waiter (untuk mengetahui apakah special request tersebut bisa dipenuhi atau tidak), head chef (untuk special request makanan), dan bar manager/bar attendant (untuk special request minuman). Selain itu, setiap captain order harus diarsipkan dengan benar untuk restoran, kitchen, dan bagian finance.

Pentingnya menyampaikan order dengan tepat dan akurat adalah agar chef bisa membuat hidangan yang sesuai dengan keinginan customer. Jangan sampai membuat tamu kecewa dengan menyajikan order yang salah ya!

Baca juga: Cara Memproses Pembayaran di Restoran

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News