Langkah-Langkah Penerapan Dynamic Rate dan Manfaatnya bagi Hotel

Langkah-Langkah Penerapan Dynamic Rate dan Manfaatnya bagi Hotel

AJAR Hospitality

Langkah-Langkah Penerapan Dynamic Rate dan Manfaatnya bagi Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Dynamic rate atau dynamic pricing merupakan strategi penerapan harga yang didasarkan atas perubahan demand (permintaan) dan supply (penawaran). Contoh penerapannya sering kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya: Harga tiket pesawat yang cenderung naik ketika lebaran, tapi kembali normal/turun ketika permintaan turun.

Lalu, bagaimana caranya untuk menerapkan dynamic rate di hotel? Siapa saja yang bertanggung jawab untuk melakukan perubahan harga kamar hotel?

Dengan menerapkan konsep dynamic rate berarti kita menerapkan harga kamar sesuai dengan supply & demand. Semakin tinggi permintaan (demand) maka semakin tinggi pula harga yang dipatok, sebaliknya semakin kecil permintaan maka semakin rendah harga yang dipatok.

Sebelum menerapkan konsep dynamic rate ini, sebaiknya hotel menyusun langkah-langkah di bawah:

Pertama, Membuat Rate Structure (Struktur Harga)

Struktur harga perlu dibuat untuk beraneka ragam pasar yang berbeda. Misalnya saja untuk segmen corporatetravel agent, atau individual.

Khusus untuk publish rate, jaman sekarang berbeda dengan jaman dulu yang hanya menggunakan singlerate,...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News