Langkah Melakukan CPR (Resusitasi Jantung)

Langkah Melakukan CPR (Resusitasi Jantung)

Editor AJAR.id

Langkah Melakukan CPR (Resusitasi Jantung)

AJAR.id – Hello Ajarian! ‘Pertolongan pertama’ atau first aid adalah segala bentuk pertolongan yang diberikan kepada korban kecelakaan atau orang yang sakit sebelum bantuan medis tiba memberi pertolongan. Bantuan medis tersebut bisa berupa ambulans, paramedis, perawat, atau dokter. Memiliki pengetahuan first aid akan sangat membantu untuk menyelamatkan korban di tempat kejadian.

Dalam artikel kali ini, AJAR.id akan membahas salah satu upaya pertolongan pertama yaitu teknik CPR atau resusitasi jantung. CPR merupakan tindakan penyelamatan nyawa dalam keadaan darurat saat detak jantung atau pernapasan seseorang berhenti sepenuhnya. Melakukan CPR bisa membantu mengembalikan denyut jantung pasien sehingga darah yang mengandung oksigen bisa disalurkan ke otak dan organ lain.

Nah, untuk melakukan CPR Kamu bisa mengikuti langkah berikut:

Bila ada dua orang di lokasi yang bisa memberikan CPR, bagilah tugas: satu orang memberi kompresi dada dan satunya memberi pernapasan buatan lewat mulut. Hitung gerakan CPR bersama-sama dan terus lakukan proses CPR hingga denyut jantung pasien kembali berdetak dan paru-paru kembali bernapas. Bila masih belum ada tanda-tanda tersebut, maka lanjutkan sampai tim medis tiba.

Baca juga yuk: Langkah-Langkah Melakukan Pernapasan Mulut Ke Mulut

Salam jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News