Lava Tour Merapi, Menelusuri Jejak Merapi Menggunakan Jeep

Lava Tour Merapi, Menelusuri Jejak Merapi Menggunakan Jeep

Editor AJAR.id

Lava Tour Merapi, Menelusuri Jejak Merapi Menggunakan Jeep

Pasca erupsi dua tahun silam, pesona Gunung Merapi tetap memikat dan mempunyai magnet tersendiri bagi wisatawan. Hal inilah yang kini dikelola oleh warga sekitar untuk memopulerkan wisata minat khusus yang menantang adrenalin dengan jeep.

Salah satu pengelola wisata ini yaitu Kaliurang Jeep Community (KJC). KJC menyediakan fasilitas transportasi jeep untuk wisata lahar merapi atau lava tour di kawasan lereng Gunung Merapi. Wisata minat khusus ini hampir setiap hari selalu ada wisatawan yang menikmati sisa-sisa kedahsyatan gunung teraktif di Indonesia ini.

Ketua KJC, Riswanto Nugroho mengatakan bahwa wisata ini muncul karena medan yang dilalui cukup berat. Untuk melewatinya harus menggunakan kendaraan yang mumpuni seperti jeep di mana wisatawan akan disuguhi kawasan pedesaan yang kawasan lereng merapi yang sudah tertimbun lahar merapi dan batu-batuan vulkanik yang kini mulai sedikit hijau.

“Peluang ini kita tangkap untuk munculkan wisata baru. Hasilnya memuaskan, banyak wisatawan memanfaatkannya. Hampir setiap hari kita mengantar wisatawan, bahkan di akhir pekan semua armada bisa terpakai, Kami menyediakan 25 jeep berikut dengan sopirnya yang kami organisir sejak tahun 2010 yang semula hanya ada 3 jeep” ujarnya di Jalan Boyong Kaliurang Sleman.

Riswanto menjelaskan supaya dapat menikmati layanan ini, wisatawan harus merogoh kocek Rp 450 ribu. Rute yang akan ditempuh jarak sekitar 20 km selama 2 jam melalui Kaliadem, Kepuharjo, Cangkringan yang sudah rata dengan material vulkanik serta menelusuri Bronggang, Argomulyo. Lokasi itu merupakan Kali Gendol yang sudah dikeruk pasirnya. Kemudian wisatawan dibawa ziarah ke makam Mbah Maridjan di Srunen, Glagaharjo, lalu kembali ke Taman Wisata Kaliurang.

Salah seorang peserta larva tour, Deviana mengatakan “sisa-sisa erupsi itu bisa dinikmati sebagai pemandangan alam yang luar biasa. Ditambah lagi jika cuaca cerah Gunung Merapi terlihat gagah dan sangat indah.”

Merapi Lava Tour

“Menikmati pemandangan Gunung Merapi kini sungguh memesona terutama dengan fasilitas kendaraan jeep yang cocok untuk melalui medan-medan cukup terjal dan jalan yang sudah rata dan penuh bebatuan besar sisa erupsi Merapi. Kami menghabiskan waktu sekitar 2 jam untuk wisata dengan jeep ini,” ujar Devina.

Peserta larva tour lainnya, Ajeng yang baru pertama kalinya merasakan wisata ini merasakan pengalaman berbeda menyusuri kawasan Merapi karena kondisi saat ini berbeda dari saat sebelum bencana alam melanda.

“Saya ingin tahu sekarang Merapi seperti apa pasca erupsi dua tahun lalu. Meskipun bisa ditempuh dengan kendaraan sendiri, perjalanan lebih berkesan dengan jeep karena kita diajak dan dikenalkan lagi daerah-daerah yang sudah tertimbun rata pasir ini,” ungkap Ajeng.

Jeep Merapi

Merapi sunrise trip adalah berpetualang dengan jeep klasik dan menikmati keindahan Gunung Merapi dari Puncak Kaliadem yang berjarak 5 km dari Puncak Gunung Merapi bagian selatan. Kamu bisa melihat Kota Yogyakarta di pagi hari.

Setelah sunrise di Puncak Kaliadem, Kamu bisa berfoto ria dengan background Gunung Merapi yang sangat indah. Spot–spot terbaik untuk foto-foto atau swafoto adalah Puncak Kaliadem, Bungker, Kali Gendol, dan Batu Wajah.

Note: Foto gunung paling indah adalah di pagi hari sebelum tertutup awan biasanya setelah jam 08.00 akan tertutup awan.

in collaboration with Jogjatravel.id

Recommended Posts

AJAR in The News