Macam-macam Teknik Memasak di Kitchen (Part 1)

Macam-macam Teknik Memasak di Kitchen (Part 1)

Editor AJAR.id

Macam-macam Teknik Memasak di Kitchen (Part 1)

AJAR.id – Hello Ajarian! Jenis hidangan di hotel atau restoran sangat beragam, begitu pula dengan cara memasaknya. Secara teori, proses memasak merupakan kegiatan mengolah makanan dengan memberikan panas agar bisa dimakan.

‘Panas’ yang diberikan pada makanan tersebut bisa melalui beragam cara: poaching, boiling, braising, stewing, steaming, deep frying, dan sebagainya. Dalam artikel ini, AJAR.id akan membahas satu persatu teknik memasak tersebut. Simak yuk!

  1. Boiling
    Boiling adalah teknik merebus makanan dalam air mendidih (100ºC) hingga matang. Peralatan yang dibutuhkan untuk proses boiling antara lain stove, stock pot, skimmer, ladle,chinois (saringan) dll. Hati-hati ketika menyaring kaldu panas atau makanan lainnya, jangan sampai cairan tersebut tumpah mengenai kulit karena bisa menyebabkan kulit melepuh.
  2. Poaching
    Poaching merupakan teknik memasak makanan di dalam cairan (liquid) dengan api kecil di bawah titik didih (71 - 82 º C). Untuk melakukan poaching, Kamu membutuhkan sauteuses, fish kettles, baskets, cranked spatula, spoon, dan ladles. Seluruh peralatan masak harus bersih agar tidak menimbulkan warna lain pada masakan. Selain itu, peralatan yang digunakan tidak boleh terbuat dari bahan yang bisa bereaksi dengan asam, karena cairan yang dimasak bisa saja bersifat asam.
  3. Braising
    Cara melakukan braising yaitu pertama-tama makanan dimasak dalam cairan dan dibiarkan dalam panci atau pan tertutup hingga empuk. Makanan yang di-braising dipotong dalam bongkahan besar atau dibiarkan utuh tanpa dipotong, tujuannya agar makanan tidak hancur saat proses braising. Braising bisa dilakukan dengan oven atau stove.

Alat untuk melakukan braising disebut braising pan atau ‘braisière’ yang terbuat dari bahan metal atau besi yang dilapisi enamel. Ketebalan pan membuatnya mampu menahan panas dan mendistribusikan panas secara merata. Tutup penggorengan (lid) harus berat dan ketat agar bisa menutup pan dengan rapat.

Ukuran braising pan juga penting, sesuaikan ukuran makanan dengan ukuran pan. Pan sebaiknya tidak terlalu besar maupun terlalu kecil. Selain itu, selalu kenakan glove atau cloth saat hendak mengangkat pan dan tutupnya.

  1. Stewing
    Teknik stewing adalah memasak makanan dengan cara merendamnya dalam cairan (misalnya kaldu, susu, santan) selama proses memasak berlangsung. Makanan dimasak perlahan dengan cara slow cooking agar cairan menyerap sempurna pada makanan dan menciptakan aroma dan cita rasa yang sedap. Contoh masakan yang menggunakan teknik stewing adalah semur daging. Untuk teknik stewing, alat yang biasa digunakan adalah stewing pan, brat pan, dan spider.
  2. Steaming
    Teknik steaming adalah teknik memasak makanan menggunakan uap air, biasa dikenal sebagai mengukus makanan. Air yang digunakan untuk steaming lebih sedikit daripada teknik boilingSteaming merupakan cara memasak yang sangat sehat karena tidak menggunakan minyak dan juga menjaga rasa asli dari makanan tersebut. Untuk mengukus, Kamu bisa menggunakan steamer tradisional maupun mesin pressure cooker. Steamer harus selalu dipanaskan dahulu sebelum makanan dimasukkan.
  3. Deep frying
    Teknik deep frying adalah memasak makanan dengan merendamnya dalam minyak panas. Teknik ini cocok untuk memasak makanan agar bisa matang dengan cepat. Makanan yang hendak dimasak secara deep frying umumnya dilapisi dengan tepung atau lapisan lain untuk menjaga rasa yang terkandung di dalam makanan tersebut.

Deep frying membutuhkan deep fryer, yaitu alat penggorengan yang terdiri dari saringan dan pengatur suhu. Kamu juga bisa menggunakan penggorengan lain yang mampu menampung minyak dalam jumlah banyak.

Sahabat Ajarian, itulah teknik memasak yang umum digunakan di hotel kitchen. Tiap teknik membutuhkan peralatan yang berbeda, pastikan alat memasak yang Kamu gunakan telah sesuai dengan teknik memasaknya. Perhatikan juga jumlah makanan dan kapasitas alat agar masakan bisa matang dengan sempurna. Pelajari juga teknik-teknik lainnya ya!

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News