Melaporkan Kerusakan Benda dalam Kamar Tamu Hotel

Melaporkan Kerusakan Benda dalam Kamar Tamu Hotel

Editor AJAR.id

Melaporkan Kerusakan Benda dalam Kamar Tamu Hotel

AJAR.id – Hallo Ajarian! Dalam artikel kali ini, AJAR.id akan membahas tentang kerusakan pada benda-benda di dalam kamar (damaged items). Meski pemeliharaan terhadap kamar hotel telah dilakukan secara berkala, adanya kerusakan atau kendala tetap tidak bisa dihindari.

Kerusakan ini bisa timbul akibat pemakaian terus menerus atau karena kesalahan pengoperasian. Kerusakan pada fasilitas kamar semestinya ditangani sesegera mungkin sebelum tamu merasa terganggu. 

Seperti apa kerusakan yang umumnya muncul?

Berikut beberapa contoh room defects yang muncul baik karena kesengajaan maupun tidak:

  • Karet pintu kulkas yang rusak
  • Kaca retak atau pecah
  • Lampu berkedap-kedip
  • Baterai pada remote control hilang/tidak berfungsi
  • Perkakas atau furnitur kamar yang cacat
  • Kulkas atau AC yang menimbulkan suara berisik
  • Air terus menetes dari kran meski sudah ditutup
  • Tirai tidak bisa tertutup sempurna
  • Perabotan kamar yang bernoda atau sudah usang
  • Channel pada televisi kabur/kurang jelas
  • Termos listrik dan hair dryer tidak berfungsi
  • Room cards sulit berintegrasi dengan power controls di kamar
  • Pengaturan suhu alat setrika tak berfungsi

Agar bisa mengetahui apakah terdapat kerusakan atau tidak, lakukan inspeksi saat Kamu sedang berada dalam kamar dengan cara:

  • Mencari tanda-tanda kerusakan fisik, misalnya memeriksa kebocoran pada AC.
  • Mengecek bila ada bunyi mencurigakan pertanda malfungsi benda.
  • Menajamkan indera penciuman untuk mengetahui bila ada bau asing contohnya bau kabel terbakar.
  • Memerhatikan saat ada laporan dari tamu terkait kendala di kamar.

Setelah kerusakan tersebut telah Kamu identifikasi, berikutnya catatlah data damaged items yang adaPencatatan penting dilakukan untuk:

  1. Mengetahui biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan.
  2. Mengetahui komponen apa saja yang perlu diganti baru.
  3. Mengevaluasi fungsi produk, apakah masih efisien digunakan atau harus dicari alternatif produk lain.
  4. Mengamankan benda tersebut agar tidak digunakan dahulu.

Sebagai tindak lanjut atas damaged items yang telah Kamu catat, selanjutnya Kamu harus melaporkan kerusakan tersebut kepada Superevisor, floor housekeeper, staf maintenance atau divisi lain yang relevan.

Kamu bisa melaporkannya dengan cara berbicara langsung atau dengan menuliskan informasi dalam maintenance report. Deskripsikan pada maintenance report kerusakan apa yang diketahui beserta nomor kamarnya dan jangan lupa tuliskan namamu sebagai staf in charge.

Baca juga: Cara Membersihkan Area Kitchenette di Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News