Memastikan Keamanan Data dalam Media Eksternal

Memastikan Keamanan Data dalam Media Eksternal

AJAR Hospitality

Memastikan Keamanan Data dalam Media Eksternal

AJAR.id – Halo Ajarian! Data yang disimpan dalam media eksternal, seperti memory stick atau hard disk ekternal, dapat mengalami berbagai kemungkinan masalah. Jika demikian, bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk memastikan keamanan data tersebut?

Data yang disimpan ke dalam sebuah memory stick, atau yang lebih ngetrend disebut dengan flash disk, memiliki kemungkinan untuk rusak bahkan hilang. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kerusakan data tersebut.

Faktor-faktor yang menyebabkan kerusakan data tersebut antara lain virus, kegagalan fase transfer data, atau karena kerusakan fisik media penyimpanan itu sendiri. Flash disk yang kerap ditancapkan ke bermacam-macam perangkat cenderung lebih rentan terinveksi virus.

Sebisa mungkin Kamu upayakan untuk membatasi penggunaan flash disk dan hanya Kamu gunakan untuk beberapa perangkat yang sudah Kamu nilai aman saja. Di sisi lain, kerusakan data dapat terjadi karena kegagalan fase transfer.

Ketika sedang mengirimkan data, baik dari atau ke flash disk, pastikan Kamu membiarkan proses tersebut berjalan hingga selesai tanpa ada satu pun gangguan yang terjadi. Misalnya, pencabutan paksa tanpa metode safely remove drive atau terjadinya guncangan.

Karena ukurannya yang kecil, tidak jarang seseorang kehilangan flash...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

AJAR in The News


DTA Square
Babarsari, Caturtunggal
Depok, Kab. Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta
55281 - Indonesia

Subscribe to our newsletter