Memastikan Ketepatan Akses pada Sistem Komputer

Memastikan Ketepatan Akses pada Sistem Komputer

AJAR Hospitality

Memastikan Ketepatan Akses pada Sistem Komputer

AJAR.id – Halo Ajarian! Hampir semua industri memanfaatkan teknologi komputasi dalam melakukan pengelolaan sistem maupun manajemen. Sudah menjadi suatu kewajiban di mana para pekerja memahami cara mengakses perangkat maupun data di perusahaan.

Memastikan ketepatan akses pada sistem komputer yang digunakan di industri harus dilakukan bahkan sejak pertama kali seorang pekerja diterima; mulai dari pengoperasian hingga jalur akses terhadap informasi atau data korporasi.

Penggunaan sistem pengamanan pada perangkat elektronik (komputer) seperti akun atau kata sandi harus disampaikan kepada setiap karyawan, khususnya karyawan baru. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi kesalahan atau kebingungan pada saat bekerja.

Tidak hanya soal proteksi sistem, tetapi pengenalan cara penggunaan berbagai sarana kantor pun harus tetap diberikan kepada setiap karyawan. Jangan sampai seorang karyawan tidak memiliki akses terhadap data atau sistem yang menjadi tanggung jawabnya.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus Kamu pastikan ketika akan memberikan akses informasi atau sistem komputer yang ada di area kerja.

  1. Perangkat Keras
    Perangkat Keras, atau yang lebih umum disebut dengan istilah hardware, merupakan segala peralatan elektronik kasatmata yang digunakan oleh seorang karyawan. Misalnya, komputer (PC), printer, tablet, dsb.

Setiap karyawan baru harus diberi pembekalan mengenai jenis-jenis beserta cara pengoperasian perangkat yang akan mereka gunakan.

Bila terdapat sekuritas pada akses masuk, hal itu pun harus diketahui oleh sang pengguna yang akan bertanggung jawab terhadap perangkat tersebut.

  1. Perangkat Lunak
    Atau yang lebih umum diketahui sebagai software ini merupakan suatu aplikasi atau program digital yang digunakan oleh korporasi untuk mengolah beragam data dan sistem.

Dalam menggunakan suatu software tentu diperlukan keahlian dan pengetahuan yang relevan. Ketika suatu program tidak banyak diketahui oleh umum, pihak industri wajib memberikan pengarahan dalam mengaksesnya.

  1. Akses Masuk
    Hal ini berkaitan dengan sekuritas yang digunakan oleh industri dalam melindungi dari akses-akses ilegal dengan menggunakan password atau sandi pada saat melakukan login, atau akses masuk.

Ketika seorang karyawan diwajibkan untuk memiliki satu akun internal (akun khusus yang digunakan untuk mengakses data korporasi), maka pihak manajemen wajib membuatkan atau memberi pengarahan terhadap pembuatan akun tersebut.

  1. Lokasi Penyimpanan Data
    Tempat penyimpanan data merupakan bagian krusial dalam menjaga informasi dan kerahasiaan industri. Namun demikian, data-data yang tersimpan pun harus dapat diakses oleh para karyawan, khususnya yang berkewajiban mengelola data tersebut.

Pemilihan lokasi penyimpanan data dapat dilakukan secara offline maupun online, dan mungkin di era digital seperti sekarang ini sebagian besar industri lebih cenderung memilih opsi kedua yang lebih dikarenakan alasan optimasi keamanan.

  1. Aplikasi yang Digunakan
    Sama halnya dengan pengenalan software, setiap karyawan pun diwajibkan untuk mendapatkan pengenalan dan pengarahan terhadap penggunaan, akses, dan pemeliharaan aplikasi yang digunakan.

Sahabat Aarian, itulah beberapa hal yang harus Kamu pastikan ketika akan memberikan akses informasi atau sistem komputer yang ada di area kerja.

Baca juga: Apa Saja Fungsi Dasar Computerized Reservation System di Hotel?

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News