AJAR.id – Halo Ajarian! Kamu pasti sudah mengetahui bahwa setiap pekerjaan tentunya memiliki kondisi serta situasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, menyesuaikan diri dengan kondisi dan situasi lingkungan kerja sangatlah penting.
Dengan memahami kondisi serta situasi lingkungan kerjamu, Kamu tentu akan dapat semakin bersikap bijaksana dalam bersikap dan menanggapi keadaan kerja, yang mungkin terkadang di luar ekspektasi.
Untuk lebih memahami bagaimana kondisi dan situasi di lingkungan kerjamu, ada baiknya bila Kamu mengenal faktor-faktor yang mempengaruhinya seperti:
- Luas area kerja
- Jumlah karyawan
- Pengalaman yang dimiliki para karyawan
- Usia, ketersediaan dan kondisi sarana dan prasarana area kerja
- Jenis produk, layanan, dan fasilitas yang tersedia
- Karakter dan jumlah pelanggan/tamu yang datang
- Peraturan dan target yang diharapkan oleh pemilik atau pimpinan kerja
- Jenis area kerja (apakah di dalam atau luar ruangan)
- Waktu kerja (siang atau malam hari).
Meskipun berbeda-beda dari tempat satu ke tempat lainnya, tapi kondisi dan situasi di lingkungan kerja dapat secara umum diidentifikasikan dengan:
- Tingkat interaksi sosial di lingkungan kerja – pada dasarnya industri perhotelan (hospitality industry) dapat dikatakan sebagai people business di...