Memproses Permintaan Tamu untuk Extend

Memproses Permintaan Tamu untuk Extend

Editor AJAR.id

Memproses Permintaan Tamu untuk Extend

AJAR.id – Hello Ajarian! Di hotel selalu ada kemungkinan bahwa tamu ingin memperpanjang (extend) waktu menginap, meski mereka sudah mengonfirmasi tanggal kepulangannya. Bila ada permintaan untuk extend, cek dulu ketersediaan kamar apakah memungkinkan.

Perlu diingat bahwa permintaan extend tidak bisa langsung disetujui hanya karena tamu sudah menginap sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu Kamu cek dulu, di antaranya adalah:

  1. Apakah tamu lain yang akan check-in sudah melakukan konfirmasi atau ternyata terlambat datang.
  2. Cek status tamu yang meminta extend dengan status tamu yang akan check-in, karena pelayanannya akan berbeda bila kepada tamu reguler, tamu VIP/repeat guest tentu didahulukan.
  3. Tarif kamar yang ditagihkan. Hotel mungkin saja akan memprioritaskan tamu yang membayar full rack rate dan memindahkan tamu dengan tarif lebih rendah.
  4. Sebagai aturan standar, tamu yang baru akan check-in harus didahulukan dibanding tamu yang sudah menginap.
  5. Sebagai tambahan, rincian pembayaran harus diperiksa. Bila tamu membayar tunai, mereka harus membayar lagi untuk akomodasi tambahan yang dipesan.

Re-rooming guests

Tamu yang ingin extend di kamar yang sama memang diperbolehkan, namun tidak selalu memungkinkan, karena bisa saja sudah ada tamu lain yang secara khusus memesan kamar tersebut.

Bila tamu harus dipindahkan kamarnya (re-roomed), maka Kamu harus meminta bantuan porter untuk membantu tamu.

Catatan internal juga perlu disesuaikan ketika ada perubahan kamar tamu, kunci yang baru juga akan diberikan dan informasi ini akan disebarkan ke berbagai departemen sehingga bila ada pengeluaran tamu bisa diketahui dan ditagihkan ke nomor kamar yang benar.

Jangan lupa juga memberitahu pihak housekeeping saat ada pergantian kamar agar kamar yang sebelumnya bisa dipersiapkan untuk kedatangan tamu berikutnya.

Baca juga: Kalau Tamu Ingin Berganti Kamar, Gimana Prosedurnya Ya?

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News