Memproses Tagihan Pembayaran untuk Tamu

Memproses Tagihan Pembayaran untuk Tamu

Editor AJAR.id

Memproses Tagihan Pembayaran untuk Tamu

AJAR.id – Hello Ajarian! Selama tamu menginap, umumnya mereka akan menggunakan fasilitas hotel yang biayanya akan ditagihkan ke guest account mereka. Beberapa hotel menawarkan cara agar setiap pengeluaran tamu otomatis dicatat ke guest account dan mereka cukup membayar total pengeluaran selama menginap pada saat check-out.

Jadi, tamu tidak perlu repot membayar langsung di tempat/di point of sales dan hal ini juga mendorong mereka melakukan pembelian lainnya. Adapun proses pencatatan pengeluaran tamu ke guest account disebut posting.

Pencatatan tagihan pembayaran bisa dilakukan langsung mulai dari tamu check in dengan uang deposit hingga mereka menyelesaikan pembayaran saat check out. Setiap hotel memiliki standar operasionalnya untuk melakukan posting dengan akurat.

Ketika tamu menggunakan layanan seperti makan di restoran, membeli minuman di pool bar atau menggunkan layanan spa, mereka bisa membayar langsung atau meminta agar dimasukkan ke guest account dan digabungkan dengan tagihan kamar.

Saat melakukan posting, ketahui nomor kamar dan minta tamu menandatangani lembar pembayaran. Tanda tangan diperlukan sebagai simbol bahwa tamu mengetahui dan bersedia membayar sejumlah layanan yang digunakan.

Biasanya staf di point of sale akan mengecek apakah nama tamu dengan nomor kamarnya sudah sesuai. Sistem PMS akan berfungsi dalam membantu proses ini. Bisa saja tamu lupa nomor kamarnya sendiri sehingga diperlukan identitas mereka untuk memastikan.

Sistem PMS yang terintegrasi dengan sistem point of sale memungkinkan pengeluaran tamu langsung tercatat ke guest’s account. Tanpa sistem point of sale ini, tagihan pengeluaran akan tercatat pada outlet dan dokumen tersebut harus dikirimkan kembali ke resepsionis agar bisa dicatat pada guest’s room account.

Berikut rincian dalam dokumen tagihan atas transaksi yang dilakukan tamu:

  • Nama departemen yang menyediakan layanan tersebut
  • Tanggal dan waktu pelayanan
  • Rincian barang dan layanan
  • Total biaya termasuk pajak
  • Nama tamu
  • Nomor kamar
  • Tanda tangan tamu.

Sahabat Ajarian, pastikan Kamu selalu meminta tamu untuk mengecek rincian tagihan agar tidak ada nominal yang keliru dibayarkan, lalu tanyakan metode pembayaran yang diinginkan tamu: apakah tunai, debit, atau dengan kartu kredit?

Baca juga: Situasi yang Membuat Hotel Meng-Upgrade Kamar Tamu

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News