Menentukan Cakupan dan Waktu Pembersihan Area Hotel

Menentukan Cakupan dan Waktu Pembersihan Area Hotel

AJAR Hospitality

Menentukan Cakupan dan Waktu Pembersihan Area Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebelum Kamu menjalankan tugas untuk membersihkan area hotel, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan lebih dulu. Kamu harus memahami cakupan area yang harus dibersihkan serta waktu yang memungkinkan untuk membersihkan area tersebut. Hal ini penting lho! Karena akan membantumu mempersiapkan cleaning activity yang akan dilakukan.

Cakupan area pembersihan merupakan jumlah tugas yang harus dilakukan per kegiatan pembersihan. ‘Jumlah’ ini berkaitan dengan objek apa saja yang harus dibersihkan. Berikut contohnya:

  • Contoh 1 – Di area restoran yang beroperasi untuk jam breakfast, lunch, dan dinner, kegiatan pembersihan utama (major cleaning) normalnya dilakukan tengah malam atau pagi hari di mana restoran sedang tutup.

Dalam hal ini, pembersihan harus dilakukan menyeluruh pada setiap benda, mulai dari kursi, meja, sideboard, dinding, hingga membersihkan karpet dan mengelap kaca.

  • Contoh 2 – Di area restoran yang sama, pembersihan yang dilakukan di tengah jam makan yaitu hanya berupa spot cleaning di bagian-bagian yang kotor saja, misalnya karena makanan yang berceceran atau tumpahan minuman.
  • Contoh 3 – Di area back of house office, tugas pembersihan harian (daily cleaning)...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News