Mengapa Bisnis Perhotelan dan Pariwisata Saling Berkaitan?

Mengapa Bisnis Perhotelan dan Pariwisata Saling Berkaitan?

AJAR Hospitality

Mengapa Bisnis Perhotelan dan Pariwisata Saling Berkaitan?

AJAR.id – Dunia perhotelan atau yang kerap disebut sebagai Hospitality Industry memang erat kaitannya dengan pariwisata. Mengapa demikian? Mari kita pelajari satu per satu.

Istilah Hospitality Industry secara umum mengacu pada bidang usaha yang secara luas menyediakan layanan kepada konsumen atau pengunjung, baik berupa akomodasi, reservasi, penyediaan dan penyajian makanan dan minuman, perencanaan acara, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, dunia pariwisata sendiri pun tidak dapat beroperasi dengan baik tanpa adanya industri perhotelan yang (pada umumnya) juga berkaitan erat dengan pariwisata.

Seperti yang kita ketahui bahwa istilah ‘turis atau tourist’ di sini merujuk kepada orang yang suka bepergian atau berekreasi. Berangkat dari istilah ini, relasi antara industri pariwisata dan perhotelan akan dapat dengan mudah dikategorikan.

Memang tidak mudah untuk memberikan definisi yang pasti apalagi menunjukkan perbedaan-perbedaan antara industri pariwisata dan perhotelan. Tidak dapat dikatakan juga bahwa tujuan dari industri perhotelan adalah untuk menunjang industri pariwisata, atau sebaliknya. Keduanya saling berkaitan erat dan bahkan terkadang malah menjadi kesatuan unit kerja yang berkesinambungan.

Untuk dapat lebih memperjelas area pelayanan yang disediakan oleh masing-masing industri, baik pariwisata maupun perhotelan, berikut ini merupakan sedikit penjabaran fungsi umum dari masing-masing industri.

Industri pariwisata secara umum menyediakan pelayanan berupa:

  • Paket perjalanan ke berbagai tempat wisata atau atraksi lokal
  • Kunjungan ke berbagai wisata alam atau tempat-tempat bersejarah
  • Penyediaan pemandu wisata
  • Travel – dari dan ke area wisata hingga transportasi umum antar kota
  • Kegiatan – seperti mengunjungi taman rekreasi, wahana sukaria, serta berpartisipasi dalam upacara adat atau kebudayaan tertentu, perjalanan ke kebun binatang, museum, dan tempat-tempat rekreasi lainnya.

Sementara dari sektor industri perhotelan (hospitality industry) memberikan pelayanan berupa:

  • Penyediaan makanan – baik yang berupa makan di tempat atau pesan-ambil, jenis dan standar makanan, hingga pelayanan yang diberikan
  • Penyediaan minuman – berbagai minuman dari yang beralkohol maupun non-alkohol, termasuk jenis penjualan berupa pesan-ambil atau minum di tempat
  • Akomodasi – pihak hotel menyediakan penyewaan kamar beserta semua fasilitas yang tersedia
  • Tempat relaksasi – baik tempat olahraga, spa atau berbagai jenis layanan kebugaran lainnya.

Pada dasarnya, relasi antara industri pariwisata dan perhotelan itu sebenarnya saling berkaitan satu sama lain. Sangat memungkinkan bila seseorang yang bekerja di dunia pariwisata untuk mengetahui informasi-informasi yang terkait perhotelan, dan juga sebaliknya.

Baca juga: Ingin Berkarier di Hotel? Ini Nih Jenjang Karier dalam Dunia Perhotelan

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News