Mengapa Feedback Customer Penting?

Mengapa Feedback Customer Penting?

Editor AJAR.id

Mengapa Feedback Customer Penting?

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai bisnis yang beroperasi di bidang jasa, hotel tentu mengutamakan kepuasan pelanggan dan selalu terbuka terhadap feedback yang diberikan customer. ‘Feedback’ bisa berupa komentar, komplain, maupun pujian terhadap pelayanan dan fasilitas hotel.

Lalu mengapa feedback customer itu penting?

Feedback yang disampaikan customer harus ditanggapi dan diperhitungkan seperti apa solusi terbaiknya. Hal tersebut dikarenakan feedback sangat penting untuk:

  1. Menggunakan isu yang disampaikan dalam feedback guna membenahi perusahaan seperti memperbaiki SOP, kebijakan hotel, atau strategi marketing yang harus dilakukan. Tidak hanya itu, feedback customer juga bisa dijadikan acuan untuk meninjau isu-isu keamanan atau hal-hal yang bisa membahayakan operasional bisnis tersebut.

Menanggapi feedback dengan baik akan membuat customer dihargai. Hal ini juga menghindari kemungkinan customer mengangkat isu tersebut ke media publik dan sosial media. Bila seperti ini tentu nama baik hotel akan terancam. Jadi, selalu pastikan feedback customer diberikan tanggapan yang baik.

  1. Memberi kesempatan bagi hotel untuk mengatasi ketidakpuasan customer dengan cara-cara seperti:
  • Mengirimkan surat berisi permohonan maaf
  • Menelepon customer untuk menjelaskan, mengklarifikasi, atau mendiskusikan isu yang mereka sampaikan sebagai feedback
  • Menawarkan voucher, free meal atau hal lain sebagai bentuk permohonan maaf
  • Menyediakan diskon untuk product atau service yang dibeli customer sebagai upaya menunjukkan itikad baik perusahaan.

Setiap feedback yang masuk, mulai dari yang baik hingga buruk harus Kamu apresiasi dan hargai. Anggaplah feedback customer sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap hotel. Dengan begitu, Kamu akan merasa termotivasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi setiap customer.

Baca juga: Ini Nih 6 Manfaat Guest Comment Card yang Harus Kamu Ketahui

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News