Mengapa Kamu Harus Menghargai Customer dan Rekan Kerja?

Mengapa Kamu Harus Menghargai Customer dan Rekan Kerja?

Editor AJAR.id

Mengapa Kamu Harus Menghargai Customer dan Rekan Kerja?

AJAR.id – Hello Ajarian! Industri hospitality dan pariwisata merupakan industri multikultural. Banyak perusahaan perhotelan dan pariwisata yang mempekerjakan orang dari berbagai latar belakang budaya berbeda-beda.

Begitu juga dengan customer yang dilayani, customer industri perhotelan datang dari berbagai negara dan budaya. Oleh karena itu, penting bagi Kamu untuk memperlakukan mereka dengan penuh hormat dan rasa peduli, agar mereka merasa keberadaannya dihargai.

Setiap orang tentu berbeda, hal-hal yang membuat perbedaan itu ada contohnya:

  • Lifestyle – di mana mereka tinggal, kendaraan apa yang dimiliki, pekerjaan yang dijalani.
  • Prinsip hidup – nilai-nilai yang dijunjung sebagai pedoman hidup.
  • Pendidikan – seberapa tinggi latar belakang pendidikan mereka.
  • Selera makanan dan minuman – apakah penyuka daging, vegetarian, peminum alkohol
  • Bahasa yang digunakan.

Masih banyak faktor lainnya, yang kemudian membentuk perbedaan-perbedaan di masyarakat. Perbedaan tersebut bukanlah penentu baik buruknya seseorang, namun menunjukkan bahwa setiap orang adalah unik dan berbeda.

Dalam sebuah industri yang berorientasi pada pelayanan yang kuat, sifat berprasangka tidak boleh muncul sama sekali. Prasangka yang dimaksud adalah ketika Kamu memegang sebuah sudut pandang sehingga menghakimi seseorang atau sesuatu tanpa menghiraukan fakta yang ada.

Hal vital dalam bekerja di lingkungan multikultural adalah bagaimana Kamu membuat customer dan rekan kerja merasa dihargai. Tunjukkan bahwa orang-orang tersebut adalah berharga dan penting bagi keberlangsungan bisnis.

Dalam lingkungan kerja, Kamu perlu menghargai sesama rekan kerja atas beberapa hal:

  • Kemampuan dan keterampilan kerja (skills and working ability).
  • Pengetahuan atas produk yang dijual (product knowledge).
  • Pengalaman yang dimiliki dalam bidang pekerjaan, pengalaman menangani customer, serta pengalaman dengan stakeholder seperti management dan supplier.
  • Kontribusi dalam pekerjaan – misalnya dalam diskusi keamanan dan keselamatan kerja, perencanaan kerja harian, dll.
  • Pencapaian dalam team dan pencapaian untuk perusahaan.

Sementara dalam konteks menghargai customer, pastikan bahwa Kamu menghargai mereka dari segi:

  • Keberadaan mereka di hotel – sambut customer dengan hangat dan buat mereka merasa seperti di rumah sendiri.
  • Uang yang mereka keluarkan selama di hotel – pastikan bahwa produk dan servis diberikan dalam kualitas terbaik yang sepadan atau bahkan melampaui ekspektasi mereka.
  • Bagaimana mereka merekomendasikan hotel kepada customer

Kunci penting untuk menghargai orang lain adalah dengan tidak memperlakukan mereka berdasarkan usia, gender, ras atau disabilitas yang dimiliki. Dengan menghargai para customer dan rekan kerja, Kamu bukan hanya menciptakan kepuasan pada diri mereka, namun juga memelihara keberlangsungan bisnis hotel tersebut.

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News