Mengenal Bagian-Bagian Perangkat Komputer

Mengenal Bagian-Bagian Perangkat Komputer

AJAR Hospitality

Mengenal Bagian-Bagian Perangkat Komputer

AJAR.id – Halo Ajarian! Dalam mengerjakan berbagai tugas-tugas administratif, Kamu tentu tidak akan lepas dari penggunaan perangkat komputer. Namun demikian, sudahkah Kamu mengenal bagian-bagian perangkat komputer yang Kamu gunakan selama ini?

Memang bukan suatu kewajiban untuk memahami berbagai perangkat yang tersusun dalam perangkat komputer, khususnya bila Kamu tidak bertugas sebagai staf teknologi informasi. Namun di balik itu, dengan sedikit mempelajarinya pengetahuanmu akan semakin luas.

Secara keseluruhan, sistem komputer terdiri dari Central Processing Unit (CPU), memory, video card, disk drive, dan berbagai perangkat internal lain. Dalam artikel ini kita akan membahasnya satu per satu secara singkat.

Central Processing Unit (CPU)

CPU dapat diibaratkan sebagai otak dari perangkat komputer itu sendiri. Memiliki bentuk berupa kepingan kecil semikonduktor (cip), CPU ini menjalankan sistem operasi dengan menginterpretasikan dan memproses informasi yang diterima dari perangkat lain.

Seperti misalnya, informasi yang diterima dari keyboard—atau papan ketik—diterjemahkan sebagai perintah yang kemudian akan disalurkan ke perangkat-perangkat lain, dan salah satunya akan ditampilkan di monitor.

Disk Drive

Disk drive, atau yang lebih dikenal dengan istilah hard disk ini berfungsi sebagai media penyimpanan semua data yang digunakan di dalam perangkat komputer. Data-data tersebut dapat berupa file dokumen maupun program aplikasi.

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis disk drive yang digunakan dalam sebuah perangkat komputer maupun laptop, seperti jenis SSD yang kerap menggantikan HDD karena tingkat kinerja serta ketangguhannya yang jauh lebih unggul.

Video Card

Video card berfungsi untuk mengatur tingkat resolusi warna yang ditampilkan pada layar komputer. Selain itu, perangkat yang sering disebut sebagai Graphic Card inilah yang mengatur tampilan-tampilan gambar mulai dari bentuk bidang hingga bangun ruang (3D).

Memory

Perangkat yang marak disebut sebagai RAM, atau Random Access Memory, merupakan bagian dari integrasi CPU. Jika CPU berfungsi sebagai otak dari komputer, maka RAM bekerja sebagai ingatannya. Data yang diolah dan disimpan lebih bersifat sementara.

RAM hanya beroperasi ketika perangkat komputer sedang dalam kondisi hidup. Semua data dan proses aplikasi yang disimpan di dalamnya akan secara otomatis terhapus ketika Kamu menonaktifkan (mematikan) perangkat komputermu.

Perangkat Eksternal

Terdapat berbagai jenis perangkat eksternal, atau yang tidak terintegrasi secara permanen dengan perangkat komputermu, yang berfungsi sebagai perangkat tambahan (penunjang).

Jenis yang sering digunakan berupa media penyimpanan eksternal seperti removable drive atau yang lebih dikenal sebagai flash disk atau thumb disk.

Baca juga: Cara Melakukan Backup Data-Data Penting

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News