Mengenal Jenis Komponen pada Sistem Telepon

Mengenal Jenis Komponen pada Sistem Telepon

AJAR Hospitality

Mengenal Jenis Komponen pada Sistem Telepon

AJAR.id – Hello Ajarian! Sistem telepon tentu jadi salah satu komponen penting yang harus ada dalam sebuah hotel atau resort. Bukan hanya untuk kebutuhan komunikasi para staf, kualitas sistem komunikasi juga menjadi tolak ukur bagi para tamu.

Maka dari itu, Kamu harus mengetahui berbagai komponen pada sistem telepon. Sistem telepon yang baik harus bisa menerima dan membuat banyak panggilan dalam satu waktu serta melakukan hold dan transferring calls.

Jenis Komponen pada Sistem Telepon

1. Landline
Sebuah Landline sistem telepon biasanya dihubungkan menggunakan kabel solid atau kabel fiber optik dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Sistem landline sudah mencakup beberapa line dan nomor telepon. Ukuran atau sistemnya bergantung pada jumlah line dan nomor telepon.

2. Switchboard
Bagian penting lainnya dari komunikasi pada hotel atau resort adalah switchboard. Switchboard adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan seluruh sambungan telefon dan extension. Semua panggilan yang diterima di hotel atau resort akan melalui switchboard.

Alat ini akan mengkoordinasi sistem telepon, memberikan izin untuk penggunaan beberapa line dan extension secara bersamaan, memberikan izin pada pengguna lain untuk menjalankan kegunaan lain, melakukan hold pada panggilan, mendeteksi semua panggilan masuk dan transfer call.

3. VoIP
Selain itu, kini jenis telepon VoIP (Voice over Internet Protocol) yang menggunakan internet semakin diminati oleh para pengguna dan mengalahkan jaringan telepon tradisional. Sistem VoIP memiliki fitur notifikasi untuk email atau teks.

Salah satu kelebihan menonjol dari sistem yang terkini adalah bisa melihat identitas penelepon, termasuk identitas dari penelepon VIP. Fitur ini dilengkapi dengan teks, sehingga jika tamu menelepon, maka staf room service bisa melihat dari kamar nomor berapa panggilan tersebut berasal. Sistem VoIP memungkinkan telepon terhubung dengan komputer sehingga bisa melakukan pengecekan reservasi dan catatan penting lebih mudah dan cepat.

Sahabat Ajarian, itu tadi adalah beberapa komponen yang bakal Kamu temui dalam sistem telepon pada sebuah hotel atau resort. Berbagai komponen ini bisa didukung dengan alat lainnya untuk semakin mempermudah komunikasi antara staf dengan tamu.

Baca juga: 5 Kebijakan dan Prosedur Penggunaan Telepon di Hotel

Salam Jempol!

By Bunga Mardiriana

Recommended Posts

AJAR in The News