Mengenal Target Pasar Hotel

Mengenal Target Pasar Hotel

Editor AJAR.id

Mengenal Target Pasar Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakter demografi serupa yang dijadikan ‘target’ oleh hotel untuk menjual produk dan servis mereka. Sebuah hotel akan memiliki beberapa target pasar dan tidak ada batasan jumlahnya. Hotel juga bisa mengganti target pasar mereka seiring berjalannya waktu, karena hotel harus selalu melihat kesempatan yang ada.

Apa contoh target pasar?

Tergantung dari perspektifnya, ada beberapa contoh target pasar. Sebagai contoh, manajemen hotel dan staf sales and marketing akan memiliki target market berupa:

  • Klien corporate dan komersil
  • Adventure touristseco-tourists, dan klasifikasi turis lainnya
  • Tamu mancanegara

Sementara untuk staf frontline yang berfokus untuk mempromosikan products dan services kepada customer, fokus pasarnya yaitu tamu bisnis, tamu keluarga, tamu individu dan grup.

Apa fungsi membuat target pasar?

  1. Mencari perbedaan antara satu hotel dengan hotel lainnya – sehingga bisa merencanakan strategi untuk ‘mengalahkan’ kompetitor lain dengan menarik lebih banyak tamu untuk menginap.
  2. Memahami kebutuhan, keinginan, preferensi, dan ekspektasi customer lebih dalam.
  3. Mendorong hotel untuk mengembangkan product dan service yang lebih baik berdasarkan potential customers.
  4. Membuat upaya promosi dan iklan lebih efektif – mengetahui siapa target pasarmu memungkinkan promosi lebih tepat sasaran sesuai market yang diinginkan.

Alasan hotel memilih sebuah target pasar yaitu:

  • Untuk mencari customer yang sesuai dengan visi, misi, dan nilai-nilai yang dijunjung hotel
  • Untuk memanfaatkan peluang di pasar
  • Untuk memelihara keberlangsungan bisnis
  • Untuk bersaing dengan kompetitor di marketplace
  • Untuk menentukan tujuan yang baru dari bisnis tersebut.

Target pasar yang dipilih bisa berdasarkan pengalaman hotel sebelumnya dan keahlian/kemampuan yang dimiliki hotel saat ini.

Sebagai staf sales and marketing, Kamu harus memahami bagaimana produk dan servis yang dijual bisa diterima konsumen dengan melihat kecocokan antara harga, kualitas dan kebutuhan produk dengan kemampuan pembelian konsumen.

Kamu juga harus memfokuskan pada upaya promosi product and service. Caranya bisa dengan menjelaskan nilai barang kepada konsumen lalu meyakinkan mereka bahwa barang tersebut sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Baca juga: Pentingnya Customer Relationship Management di Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News