Menggerakkan Bisnis Hotel melalui WiFi

Menggerakkan Bisnis Hotel melalui WiFi

AJAR Hospitality

Menggerakkan Bisnis Hotel melalui WiFi

AJAR.id – Hello Ajarian! Saat ini bisnis hotel bersaing ketat antara satu hotel dengan hotel yang lainnya. Kebutuhan biaya tetap setiap tahun semakin meningkat, sedangkan harga kamar memiliki kecenderungan menurun yang dapat mengakibatkan potensi profit menjadi tergerus tergilas olah gilanya kompetisi.

Dalam situasi seperti sekarang ini, diperlukan terobosan kreatif dari semua departemen yang ada di hotel. Salah satu contoh kreativitas yang bisa kita lakukan adalah WiFi yang menjadi ranah departemen IT.

Lalu, kreativitas apa yang bisa mereka lakukan agar dapat membantu menggerakkan bisnis di hotelmu?

Bagian Pertama: Integrasi WiFi Access dengan Social Media

Saat ini teknologi mikrotik sudah dapat terhubung dengan berbagai social media. Kamu dapat membeli device router yang dapat mendukungnya. Untuk urusan setting, sangat mudah karena device tersebut sudah dilengkapi dengan aplikasi software pendukungnya.

Catatannya: Kamu harus sudah memiliki akun media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Google+. Lalu gunakan API (Application Programming Interfaceyang telah tersedia dari pihak social media tersebut. Ikuti saja petunjuk setting yang telah disediakan dalam buku manual yang disertakan dalam produk router yang Kamu beli.

Ilustrasi penerapannya adalah ketika tamu akan menggunakan WiFi di hotelmu, maka mereka harus log in dengan menggunakan akun media sosial mereka. Khusus untuk Facebook, Kamu dapat meminta pengguna WiFi untuk like akunmu sebelum mereka mendapatkan akses internet. Namun, saat ini Facebook memberlakukan harga di kisaran IDR 150 hingga IDR 500 per like. Namun, bila Kamu menggunakan setting “check in" sebelum tamu menggunakan akses WiFi, Facebook memberikan API secara gratis.

Lalu, apa manfaatnya bila Kamu menggunakan Social Log In ini?

Pertama, Kamu telah memiliki basis data dari existing customer-mu yang sedang atau telah mengonsumsi produk dan layananmu. Sehingga, akurasi strategi dalam aktivitas pemasaran menjadi tepat sasaran. Kedua, simpel untuk tamumu untuk mengakses WiFi di hotelmu. Mereka tidak perlu repot lagi bertanya user name dan password yang dibutuhkan. Namun, bila tamu menghendaki privasi, maka bisa disediakan access code di konter front desk.

Bagian Kedua: Manfaatkan WiFi untuk Promosi Produk dan Layanan Hotel

Jika masih menggunakan teknologi mikrotik yang sama, maka WiFi di hotelmu bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi menggantikan brosur cetak. Format promosi dibuat sedemikian rupa dengan berbagai macam jenis konten, dari mulai artikel berformat text, picture, atau video. Manfaat dari bagian kedua ini adalah menghemat biaya cetak brosur dan tepat sasaran, karena level demand kebutuhan WiFi di hotel cukup tinggi.

Bagian Ketiga: Manfaatkan WiFi sebagai Sumber Revenue Baru

WiFi dapat dijadikan sebagai ladang untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari iklan yang bisa Kamu sajikan tanpa mengganggu kenyamanan tamu. Kamu bisa memasukkan konten iklan berformat video, text, atau picture. Kamu bisa bekerja sama dengan biro iklan digital untuk mengelola dan mencari pengiklan kelas nasional dan internasional, sehingga Kamu dapat tetap fokus dalam core business-mu.

Itulah ketiga kreativitas yang bisa dilakukan oleh IT hotel untuk membantu hotel dalam efisiensi biaya marketing. WiFi dapat melakukan penetrasi pasar via social log in dan meningkatkan pendapatan hotel melalui kerja sama dengan digital advertising agency.

Penulis telah melakukan uji coba dan berhasil dijalankan dari tahun 2015.

Salam Jempol!

By Ikin Solikin

Recommended Posts

AJAR in The News