Menggerakkan Bisnis melalui Media Sosial dan Aplikasi Chatting

Menggerakkan Bisnis melalui Media Sosial dan Aplikasi Chatting

AJAR Hospitality

Menggerakkan Bisnis melalui Media Sosial dan Aplikasi Chatting

AJAR.id – Hello Ajarian! Seperti yang kita ketahui bersama bahwa perkembangan teknologi semakin lama semakin pesat. Begitu juga dengan kebutuhan informasi bagi manusia yang saat ini semakin instan. Perkembangan teknologi inilah yang dimanfaatkan oleh manajemen sebuah perusahaan, termasuk manajemen di bagian pengelolaan HORECA (Hotel, Restaurant, Cafe).

 HORECA ini memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi dan koordinasi antar lini dengan menggunakan grup WhatsApp Messenger atau media chatting lainnya,

Seorang Manager atau Owner bisa mengontrol jalannya sebuah bisnis di perusahaannya tanpa harus datang ke kantor dan bertatap muka. Selain itu, para karyawan dengan cepat dapat mengetahui permasalahan yang sedang terjadi sehingga bisa dengan cepat pula melakukan respons untuk menuntaskan dan mencari jalan keluar tersebut.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan media sosial dan media chatting dalam industri perhotelan:

  1. Front Office
    Mereka mampu memberikan informasi secara up to date mengenai jumlah occupancy hotel hari ini dan berapa jumlah tamu yang menginap kepada seluruh karyawan hotel yang tergabung pada grup chatting tersebut. Manfaat dari informasi up to date ini adalah Manajer dapat mengambil kebijakan dan melakukan langkah yang tepat secara cepat dan cermat.
  2. Sales Marketing
    Mereka akan memberikan informasi secara up to date di lapangan mengenai jumlah event yang berhasil didapatkannya. Sehingga, seluruh departemen bisa mempersiapkan diri untuk menerima event tersebut.
    Bagian purchasing akan langsung melakukan komunikasi dengan divisi F&B untuk mempersiapkan menu, dekorasi, dan banquet yang kemudian akan langsung dikomunikasikan dengan supplier terkait. Bagian housekeeping juga bisa mempersiapkan diri untuk menjadwal make up kamar dan memperkirakan jumlah tamu yang akan menginap dari event tersebut.
  3. Koordinasi antar Lini dan Divisi
    Komunikasi bisa dilakukan kapan saja, tapi dampak buruknya adalah membuat karyawan menjadi terpaku dengan smartphone-nya.
  4. Reservasi
    Pemesanan kamar bisa dengan menggunakan WhatsApp. Beberapa hotel sudah menerapkan hal ini, sehingga tamu yang akan reservasi tidak perlu repot-repot menghubungi call center hotel untuk melakukan reservasi dan menghabiskan pulsanya.
  5. Berguna sebagai Sarana Promosi Terbuka Luas dan Murah
    Kalau dulu hotel-hotel masih membuat baliho sebagai sarana promosi dan juga membeli space iklan di media cetak. Sekarang dengan kemajuan teknologi dan berkembangnya media sosial maupun media chatting, hotel bisa dengan mudah dan murah mempromosikan diri ke publik.

Namun, di balik semua kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial terdapat beberapa hal yang minus, di antaranya:

  1. Sering Terjadi Miscommunication dan Misunderstanding
    Kalimat yang kita ketik akan menghasilkan beberapa tafsir tersendiri, sehingga bisa memicu terjadinya miskomunikasi dan salah pengertian.
  2. Informasi yang Tidak Seharusnya Semua Tahu, Menjadi Tahu Semua
    Informasi yang bersifat rahasia yang semestinya tidak semua harus tahu, menjadi tahu. Terutama masalah pembentukan sebuah kebijakan antara Owner dengan manajemen.
  3. Sering Out of Topic
    Pastinya, di dalam sebuah grup chatting tidak semua anggota grup fokus terhadap topik yang sedang didiskusikan, sering kali ditemui anggota yang suka usil dengan membuat posting yang tidak ada sangkut pautnya dengan topik diskusi.

Dengan adanya media sosial dan aplikasi chattingOwner bisa tetap mengontrol perputaran roda bisnisnya dan tetap dapat berkoordinasi dengan manajemen walaupun dia berada di luar kota maupun di luar negeri sekalipun. Kemajuan teknologi ini harus dapat kita manfaatkan sebaik mungkin agar dapat meningkatkan dan memajukan pertumbuhan bisnis kita.

Baca juga: Menggerakkan Bisnis Hotel melalui WiFi

Salam Jempol!

By Galih Satria Hutama

Recommended Posts

AJAR in The News