Metode Cerdas dalam Mengantarkan Barang Berharga

Metode Cerdas dalam Mengantarkan Barang Berharga

Editor AJAR.id

Metode Cerdas dalam Mengantarkan Barang Berharga

AJAR.id – Halo Ajarian! Sama seperti proses perencanaan dalam kegiatan escort, menspekulasikan berbagai metode cerdas dalam melaksanakan tanggung jawab pengantaran barang-barang berharga merupakan salah satu unsur persiapan penting.

Perlu diperhatikan bahwa ketika sedang membawa atau mengantarkan barang berharga biasanya tingkat kemunculan ancaman lebih kecil daripada ketika sedang melakukan pengawalan terhadap seorang tokoh penting.

Meskipun demikian, tidak sebaiknya seorang petugas pelaksana carry menyepelekan perhatian dan kehati-hatiannya terhadap kemungkinan bahaya yang dapat mengincar objek utama pengantaran tersebut, misalnya uang dalam jumlah besar.

Keperluan penggunaan senjata sangat jarang dan tidak disarankan pada saat melakukan proses pengantara barang berharga, seperti penggunaan siasat penyamaran pembawaan seperti menggunakan alat pengangkut yang tidak mencuri perhatian khalayak umum.

Secara umum, bentuk-bentuk tindakan ancaman yang dapat muncul selama proses pengantaran barang berharga lebih bersifat oportunis, dan bukan sistematis.

Maksudnya adalah bahwa setiap percobaan pencurian atau perampasan yang dilakukan lebih dikarenakan sang pelaku melihat dan tertarik terhadap barang yang sedang dibawa tersebut. Selanjutnya, pelaksanaan kriminalitas tersebut didasarkan pada kesempatan yang tersedia.

Oleh karena itu, sebagai tindakan pencegahan dari berbagai kemungkinan tindakan kriminalitas terhadap barang bawaan Kamu dapat melakukan menerapkan beberapa metode cerdas di bawah ini.

1. Bersikap Sewajarnya
Kamu sangat tidak disarankan untuk menunjukkan sikap eksentrik atau yang memancing perhatian banyak orang ketika sedang mengantarkan barang berharga.

Bersikaplah sewajarnya, dan bilamana Kamu merasa gugup atau cemas, lakukan suatu kegiatan yang bersifat menenangkan tanpa perlu memancing perhatian orang-orang di sekitarmu, atau malah yang bersifat melanggar hukum.

2. Pastikan bahwa substansi dari barang bawaanmu tidak diketahui oleh khalayak umum
Terkadang media atau kemasan yang Kamu gunakan untuk mengantarkan barang berharga dapat mencuri perhatian para pelaku kriminal, khususny bila media tersebut sangat mencolok atau menunjukkan bahwa di dalamnya berisi barang yang sangat berharga.

Sesuaikan media pengangkut dengan ukuran barang bawaanmu. Bila perlu, jangan gunakan kemasan yang menunjukkan merek atau berbahan mewah sehingga tidak mengundang perhatian banyak orang.

Ingat! Di sini tujuanmu adalah untuk mengantarkan barang berharga milik klien, bukan ajang untuk pamer.

3. Bekerja seefisien mungkin
Semakin cepat Kamu menyelesaikan tanggung jawabmu dalam mengantarkan barang berharga milik klien, semakin cepat pula Kamu terhindar dari risiko negatif yang dapat muncul. Begitu pula sebaliknya. Sebisa mungkin tempuh rute terpendek yang ada.

4. Menghindari lokasi-lokasi tertentu yang memiliki kecenderungan kriminalitas tinggi
Seperti misalnya di area-area yang memiliki tingkat keramaian dan kericuhan tinggi. Bar dan area permainan merupakan contoh-contoh area yang sebaiknya Kamu hindari ketika sedang melaksanakan proses carry.

Di sisi lain, pemilihan jalur yang teramat sepi pun juga dapat menimbulkan risiko kemunculan tindak kejahatan seperti perampokan dan perampasan. Oleh karena itu, pemilihan rute pengantaran barang berharga menjadi amat penting.

Baca juga: Cara Menentukan Jalur yang Akan Digunakan dalam Proses Carry

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News