Metode Penulisan Surat Pemberitaan Kabar Baik

Metode Penulisan Surat Pemberitaan Kabar Baik

AJAR Hospitality

Metode Penulisan Surat Pemberitaan Kabar Baik

AJAR.id – Halo Ajarian! Surat pemberitaan, atau surat pemberitahuan, dapat diberikan kepada anggota internal perusahaan maupun kepada pihak luar seperti konsumen atau mitra usaha. Tahukah Kamu cara membuat surat pemberitaan kabar baik yang benar?

Surat pemberitaan kabar baik secara umum tersusun atas tiga bagian utama, yakni pendahuluan, badan surat, dan penutup.

Secara struktural, susunan tersebut akan berupa:

  1. Bagian pembuka (pendahuluan) – berisi pokok berita yang bersifat menguntungkan pihak penerima tanpa disertai embel-embel yang berpotensi mispersepsi atau kebingungan;
  2. Badan surat – berupa penjelasan mendetail mengenai berita positif yang telah sebelumnya disampaikan di bagian pendahuluan;
  3. Penutup – bagian ini biasanya menjadi penegas kembali atas pernyataan berita yang telah disampaikan pada bagian pendahuluan beserta informasi tambahan yang bersifat lampiran atau pun penindaklanjutan atas pemberitaan tersebut.

Jenis-Jenis Surat Pemberitaan Kabar Baik

Terdapat beberapa jenis surat pemberitaan kabar baik yang dibedakan berdasar isi dari surat tersebut. Berikut setidaknya merupakan empat bentuk dari surat pemberitaan kabar baik berserta penjelasan singkatnya.

  1. Surat Pertanyaan
    Surat pertanyaan berisi pertanyaan-pertanyaan...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News