Opsi Penyimpanan Data

Opsi Penyimpanan Data

AJAR Hospitality

Opsi Penyimpanan Data

AJAR.id – Halo Ajarian! Seperti yang telah di bahas dalam artikel tentang Memastikan Ketepatan Akses pada Sistem Komputer, penyimpanan data dalam sistem komputasi memiliki beberapa opsi, antara lain secara offline dan online.

Sistem penyimpanan offline berarti data yang dibuat akan disimpan secara langsung ke dalam perangkat keras (hardware) yang digunakan, seperti drive penyimpanan di dalam komputer maupun penyimpanan eksternal.

Beberapa perangkat tersebut dapat berupa:

  1. Drive Komputer – merupakan perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan data dan sistem aplikasi. Biasanya terbagi menjadi beberapa kompartemen yang diberi nama seperti C:, D:. E:, dst.
  2. Compact Disk – penggunaan Compact Disk (CD) cukup terkenal setelah era popularitas disket menurun drastis yang dikarenakan keamanan penyimpanan data yang jauh lebih baik dari pendahulunya.
  3. Memory stick – atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai ‘flash disk’ ini merupakan perangkat penyimpanan data eksternal (portabel) yang masih banyak digunakan hingga saat ini.
  4. Portable Hard Disk – selain karena kapasitas penyimpanannya yang sama seperti drive komputer, hard disk eksternal ini juga banyak digemari industri-industri terlebih karena portabilitasnya yang menyerupai memory stick.

Sementara itu, pada era internet seperti sekarang ini sebagian besar perusahaan lebih memilih media penyimpanan data secara online. Jenis penyimpanan ini tidak akan memakan kapasitas drive karena sistem penyimpanan dilakukan secara digital.

Sistem keamanan yang diterapkan terhadap semua data yang tersimpan—berikut akses masuknya—memberikan jaminan tersendiri terhadap setiap pengguna.

Layanan-layanan tersebut sering dikenal dengan menggunakan istilah ‘cloud’ atau awan. Contoh-contoh sistem penyimpanan tersebut seperti google drive, iCloud, dropbox, dsb.

Baca juga: Mengoptimalkan Penggunaan Software

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News