Pelatihan K3 Apa Saja yang Diperlukan oleh Manajer di Perhotelan?

Pelatihan K3 Apa Saja yang Diperlukan oleh Manajer di Perhotelan?

Editor AJAR.id

Pelatihan K3 Apa Saja yang Diperlukan oleh Manajer di Perhotelan?

AJAR.id – Halo Ajarian! Setelah sebelumnya Kamu mempelajari tentang jenis pelatihan yang diperlukan oleh seorang petugas supervisor, kali ini Kamu akan mempelajari jenis pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja yang dibutuhkan oleh seorang manajer industri.

Jangan salah, selain pekerja dan pihak supervisor, ternyata di tingkat manajerial sendiri pun diperlukan adanya pelatihan terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3), terlebih pada saat melakukan kewajiban (atau memberikan pendampingan) terkait proses K3 kolaboratif dan konsultatif.

Apa saja yang mereka perlukan?

  1. Kebijakan keselamatan dan kesehatan kerja yang diberlakukan dalam industri dan di setiap area kerja.
  2. Prinsip dasar dan pelaksanaan K3 yang menjadi landasan pemikiran, identifikasi risiko, penilaian dan analisis risiko, serta pengembangan dasar-dasar pengendalian risiko.
  3. Sistem manajemen yang memungkinkan proses integrasi K3 ke dalam setiap kegiatan manajerial serta properti di area kerja.
  4. Penugasan peran dan tanggung jawab K3 kepada pekerja di masing-masing area kerja.
  5. Identifikasi dan penilaian kemungkinan bahaya serta risiko di masing-masing area kerja sebagai bagian dari prosedur manajemen risiko yang diberlakukan oleh pihak industri.
  6. Opsi dan strategi pengendalian risiko terhadap kemungkinan-kemungkinannya di masing-masing area kerja.

Pelatihan yang dilakukan secara bersamaan—yang melibatkan pihak manajemen, supervisor, dan HSR—dapat memberikan hasil yang jauh lebih bermanfaat daripada yang sekadar dilakukan secara parsial.

Hal ini disebabkan karena kebanyakan dari permasalahan K3 yang muncul memerlukan penanganan yang bersifat kolaboratif antara berbagai pihak untuk mencapai hasil yang efektif atau yang diharapkan.

Setelah ini, Kamu akan mempelajari lebih lanjut mengenai Indikator yang Dapat Digunakan dalam Menentukan Jenis Pelatihan K3 yang Dibutuhkan.

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News