Penggunaan Disposable Gloves yang Benar

Penggunaan Disposable Gloves yang Benar

Editor AJAR.id

Penggunaan Disposable Gloves yang Benar

AJAR.id – Halo Ajarian! Dalam proses pengolahan makanan, disposable gloves wajib Kamu gunakan demi menjaga higienitas makanan. Mengenakan gloves akan mencegah terjadinya kontaminasi di area kerja. Akan tetapi, bila tidak digunakan dengan benar maka gloves tidak bisa diandalkan untuk mencegah kontaminasi makanan.

Lalu seperti apakah cara menggunakan disposable gloves dengan benar? Simak tujuh cara di bawah ini ya!

  1. Ganti gloves ketika robek, bila Kamu tetap menggunakannya, dikhawatirkan akan terjadi kontaminasi karena tanganmu tidak tertutupi sempurna.
  2. Ganti gloves saat pergantian antara pengolahan makanan mentah dan matang. Hal ini untuk menghindari cross contamination, yaitu perpindahan bakteri dari bahan mentah ke makanan matang.
  3. Ganti gloves berkala setiap satu jam. Kamu tidak boleh menggunakan gloves yang sama terus menerus dalam satu shift.
  4. Jika harus bersentuhan dengan uang, lepaskan dulu gloves yang Kamu pakai.
  5. Jika sedang mengganti gloves, pastikan untuk tidak meletakkannya di atas makanan atau permukaan tempat mengolah makanan.
  6. Jangan menggunakan gloves bekas pakai. Gloves yang telah terpakai harus segera dibuang (dispose).
  7. Segera ganti gloves saat sudah terkontaminasi dari daging mentah, darah, chemical, dan saat dipakai untuk menggaruk bagian tubuh atau ketika terpapar bersin.

Kebersihan makanan harus selalu menjadi prioritas utama. Menggunakan disposable gloves adalah langkah awal untuk mencegah kontaminasi yang bisa berujung pada food poisoning (keracunan makanan). Selalu pastikan untuk Menjaga Kebersihan Diri saat bekerja ya Ajarian!

Baca juga: Alasan Standard Grooming Penting untuk Karyawan Perhotelan

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News