Pentingnya Memerhatikan Inisiatif Pemerintah dan Kemunculan Pasar

Pentingnya Memerhatikan Inisiatif Pemerintah dan Kemunculan Pasar

Editor AJAR.id

Pentingnya Memerhatikan Inisiatif Pemerintah dan Kemunculan Pasar

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah sebelumnya Kamu mempelajari tentang faktor-faktor yang menjadi penyebab munculnya berbagai persoalan dalam industri perhotelan dan pariwisata, kali ini AJAR.id akan membahas sedikit lebih dalam mengenai permasalahan-permasalahan tersebut.

Kamu tentu masih mengingat bahwa persoalan yang muncul akan berbeda-beda dari waktu ke waktu. Berikut ini merupakan contoh-contoh umum yang patut menjadi perhatian, – entah yang berpotensi menimbulkan peluang atau malah permasalahan.

Inisiatif Pemerintah

Pada waktu-waktu tertentu pemerintah membuat inisiatif atau kebijakan demi menanggapi persoalan yang sedang dihadapi oleh industri perhotelan atau pariwisata. Tujuannya adalah untuk menata kembali apa yang dianggap oleh pemerintah sebagai penghalang industri.

Sebagai contoh:

  1. Pemerintah mencanangkan kampanye promosi beberapa tempat wisata, daerah, atau sektor industri.
  2. Memfasilitasi dan menganggarkan berbagai kegiatan pelatihan kepada staf industri dengan tujuan peningkatan daya saing pasar atau kualitas ketenagakerjaan.
  3. Membuka peluang bagi staf ahli dari negara asing untuk bekerja di beberapa industri lokal dalam waktu yang cukup panjang.
  4. Mengubah atau mengenalkan kebijakan baru demi menanggulangi permasalahan atau peningkatan suatu sektor tertentu, seperti mengubah kebijakan penyediaan dan penyajian minuman beralkohol, penganggulangan kebakaran, pengolahan dan penyajian makanan, K3, dan ketenagakerjaan.

Kemunculan Pasar

Hampir semua unit usaha menaruh perhatian besar terhadap kemunculan-kemunculan pasar, terlebih yang dapat memberikan peluang bagi industri.

Dengan melakukan riset pasar (baik oleh badan industri, agensi pemerintah, atau perusahaan tertentu) berbagai peluang akan dapat dimanfaatkan.

Seperti misalnya:

  1. Kemunculan berbagai tempat layanan spa dan kebugaran – dengan menimbang pertumbuhannya yang amat cepat, tempat layanan kebugaran semacam ini dapat menjadi peluang dan daya Tarik tersendiri bagi wisatawan.
  2. Restoran cepat saji – baik dari jenis makanan serta cara penyajiannya yang bervariasi.
  3. Kepedulian terhadap wisatawan lansia dan difabel – penyediaan fasilitas dan layanan pendukung untuk para wisatawan lansia serta penyandang difabel akan memberikan keuntungan tersendiri bagi sistem perekonomian industri perhotelan dan pariwisata.
  4. Meningkatnya peminat wisata tantangan – terutama bagi wisatawan muda (atau yang ‘berjiwa’ muda) mereka akan lebih tertarik bila dalam suatu destinasi wisata terdapat wahana-wahana yang meningkatkan adrenalin, seperti bungee jumping, arung jeram, pendakian, atau kegiatan-kegiatan serupa lainnya.
  5. Penekanan terhadap wisatawan domestik – di beberapa negara malah lebih dicanangkan ajakan bagi para wisatawan lokal untuk menikmati pesona dalam negeri sendiri.

Di sisi lain, sebagian besar industri wisata dan perhotelan akan memanfaatkan kerja sama dengan tempat perbelanjaan lokal guna meningkatkan daya tarik pengunjung.

Baca juga: 6 Faktor yang Berpengaruh pada Industri Pariwisata dan Perhotelan

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News