Pentingnya Mencari Bantuan untuk Pertolongan Pertama dalam Kecelakaan

Pentingnya Mencari Bantuan untuk Pertolongan Pertama dalam Kecelakaan

AJAR Hospitality

Pentingnya Mencari Bantuan untuk Pertolongan Pertama dalam Kecelakaan

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam situasi kecelakaan, sangat penting bagi Kamu untuk bisa memberi pertolongan pertama. Pertolongan pertama atau first aid adalah segala bentuk pertolongan yang diberikan kepada korban kecelakaan atau orang yang sakit sebelum bantuan medis tiba memberi pertolongan.

Bila Kamu tidak mampu memberi pertolongan pertama atau membutuhkan orang lain untuk membantumu, maka Kamu harus berinisiatif untuk mencari bantuan. Bantuan ini bisa didapatkan dari rekan kerja, anggota keluarga korban, atau siapa pun yang berada di lokasi kejadian.

Jangan pernah takut untuk meminta bantuan, meskipun orang yang Kamu mintai bantuan tidak ‘kompeten’ untuk memberi pertolongan pertama, setidaknya mereka bisa melakukan apa yang Kamu minta, seperti misalnya:

  1. Memberi informasi mengenai penyebab kejadian atau penyebab cedera
  2. Memberi arahan kepada tim medis agar bisa tiba di lokasi kejadian dengan cepat
  3. Menghubungi teman atau kerabat korban, sehingga mereka bisa mendatangi lokasi atau memberikan informasi seputar riwayat diri korban
  4. Membantu memindahkan korban dan memberi perlindungan agar korban tidak mendapat cedera yang lebih parah
  5. Menghubungi tim medis dan menyampaikan kabar terkini seputar korban kecelakaan
  6. Menghubungi tim medis untuk meminta saran terkait tindakan yang harus dilakukan untuk mengamankan situasi
  7. Mencatat informasi yang Kamu ucapkan, misalnya informasi tentang gejala-gejala yang dialami korban atau kondisi korban kecelakaan
  8. Mengambilkan obat-obatan atau kebutuhan pertolongan pertama seperti perban untuk luka.

Apabila orang yang Kamu mintai bantuan ternyata menolak, maka carilah orang lain. Jangan langsung beranggapan bahwa tidak ada orang yang bersedia membantu hanya karena satu orang yang menolak. Kamu bisa mencari bantuan dengan melontarkan pertanyaan berikut:

“Apakah di sini ada yang berpengalaman memberi pertolongan pertama?”

“Ada yang bisa membantu saya di sini?”

“Apakah ada yang bisa menghubungi ambulans?”

Akan lebih baik bagi Kamu untuk mempersiapkan orang-orang yang siap membantu meski pada akhirnya bantuan mereka tidak diperlukan, daripada harus mencari bantuan secara mendadak di saat-saat genting.

Setelah ada orang yang bersedia membantu, sampaikan terima kasih dan minta mereka untuk stand by di dekatmu. Berikan pekerjaan kepada mereka misalnya memegangi sesuatu, mengontrol keramaian, atau membantu menopang korban.

Dalam situasi darurat, Kamu tidak selalu bisa menanganinya sendirian, sehingga mencari bantuan orang lain merupakan ide yang bagus. Mencari bantuan untuk pertolongan pertama dalam kecelakaan sangat penting dilakukan tepat waktu, jangan menunda-nunda karena hal tersebut bisa memperparah situasi. Segera lakukan apa saja untuk memanggil bantuan, baik memanggil orang di sekitar lokasi atau dengan menelepon orang lain.

Baca juga: 8 Cara untuk Meminimalkan Resiko dalam Kecelakaan

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News