Pentingnya Menerapkan Etika Kerja dalam Dunia Perhotelan

Pentingnya Menerapkan Etika Kerja dalam Dunia Perhotelan

Editor AJAR.id

Pentingnya Menerapkan Etika Kerja dalam Dunia Perhotelan

AJAR.id – Halo Ajarian! Etika kerja secara umum dapat dideskripsikan sebagai aturan atau langkah kerja yang dilakukan oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya.

Pemilik atau pihak manajemen tentu mengharapkan setiap karyawannya untuk dapat menunjukkan kualitas kerja yang mencerminkan etika kerja yang baik.

Secara umum, etika kerja merupakan kombinasi nilai antara:

  • Bekerja giat sebagai pekerja profesional – hal ini tentu sangat bertentangan dengan sikap ‘bermalas-malasan’ atau melakukan kegiatan yang sama sekali tidak berkaitan dengan tanggung jawabmu.
  • Bekerja dengan rajin – Ketika Kamu menerapkan seluruh kemampuanmu, keahlianmu, pengetahuanmu, dan pengalamanmu, Kamu secara tidak langsung telah mengupayakan kepuasan pelanggan dan pemilik/manajemen industri tempatmu bekerja.
  • Tepat waktu – hal ini dapat diimplementasikan pada saat pergantian sif dan kehadiranmu sebelum waktu kerjamu tiba.
  • Dapat diandalkan – mengerjakan tugas yang masih harus diselesaikan meski jam kerjamu sudah berakhir merupakan indikasi dari nilai ini. Ingatlah bahwa semua usaha baikmu akan menghasilkan kebaikan dalam perjalanan karie
  • Menjadi proaktif – tidak selamanya atasanmu akan memberikan instruksi mengenai kapan dan apa yang harus dikerjakan. Dengan menumbuh-kembangkan nilai ini, Kamu akan dengan sendirinya menunjukkan kinerja terbaikmu.

Selain nilai-nilai di atas, etika kerja juga melibatkan kemampuan dan pengetahuan, baik yang bersifat profesional maupun sosial. Penerapan kemampuan dan pengetahuan dalam dunia kerja akan sangat mempengaruhi performamu ketika harus berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan kerja.

Sebagai seorang karyawan di dunia perhotelan, Kamu sebaiknya memiliki dan mengembangkan:

  • Kemampuan berinteraksi – ketika Kamu berinteraksi dengan orang lain, sebenarnya Kamu sedang menampilkan siapa sebenarnya dirimu. Oleh karena itu, memiliki dan mengasah kemampuanmu dalam berinteraksi akan memberikan banyak keuntungan bagimu dan bagi perkembangan karie
  • Kemampuan teknis – dalam melaksanakan tanggung jawabmu, tentu Kamu diharapkan untuk menguasai berbagai teknik dan keahlian tertentu. Hal ini bertujuan supaya Kamu dapat terhindar dari kesalahan dan kecelakaan saat melaksanakan tanggung jawabmu, serta menunjangmu untuk menunjukkan performa terbaikmu.
  • Pengetahuan produk – pengetahuan ini amatlah penting dan tidak sebaiknya Kamu abaikan karena nilai jual perusahaanmu terletak di dalamnya.
  • Sikap yang berterima – bersikaplah sewajarnya dan semestinya. Ada baiknya untuk menjaga relasi dengan rekan kerja, konsumen/tamu, dan pihak pimpinan guna menimbulkan suasana kerja yang mendukung, bukan malah sebaliknya.

Nilai-nilai lain yang sebaiknya Kamu miliki ketika bekerja dalam industri perhotelan atau pariwisata meliputi:

  • Piawai dalam banyak hal – Kamu dapat bekerja di lebih dari satu bidang atau area kerja.
  • Berkomitmen dan sanggup bekerja dalam waktu lama – ketika pihak perusahaan memerlukanmu untuk bekerja lembur, pastikan bahwa Kamu siap melakukannya.
  • Ramah dan profesional – menyunggingkan segaris senyum kepada siapa saja yang Kamu temui di area kerja merupakan hal sederhana yang bisa memberikan kesan personal luar biasa. Di sisi lain, menjadi profesional di sini berarti Kamu tidak membawa persoalan personalmu ke lingkungan kerja.
  • Berorientasi pada pelanggan – utamakan kepuasan konsumen/tamu.
  • Sikap-mental optimis – pastikan bahwa Kamu selalu bersikap optimis untuk hal-hal yang akan Kamu kerjakan.

Baca juga: 11 Kecakapan Personal yang Harus Kamu Miliki dalam Hospitality Industry

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News