Pentingnya Sikap Positif dan Kooperatif untuk Menangani Komplain

Pentingnya Sikap Positif dan Kooperatif untuk Menangani Komplain

Editor AJAR.id

Pentingnya Sikap Positif dan Kooperatif untuk Menangani Komplain

AJAR.id – Hello Ajarian! Dalam setiap kondisi, terutama saat situasi konflik atau terjadi komplain Kamu harus tetap bersikap positif dan kooperatif. Kedengarannya mudah, namun ada kalanya kita tidak bisa mengendalikan sikap dan emosi dalam sebuah permasalahan.

Mengapa Kamu harus menjaga sikap positif dan kooperatif?

Ada beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  • Pertama, dengan selalu bersikap positif dan kooperatif Kamu akan mampu mengurangi kemungkinan adanya kondisi yang bermasalah.

Banyak komplain yang bisa segera diatasi saat seorang staf bersikap positif, hal ini disebabkan karena kebanyakan tamu yang komplain hanya ingin mengutarakan kekesalannya saja. Mereka tidak mengharapkan sesuatu sebagai bentuk kompensasi karena hanya ingin opininya didengar.

  • Kedua, Kamu dapat menunjukkan ketulusanmu untuk membantu menyelesaikan masalah dan tidak terlihat acuh pada tamu. Hal ini tentu membuat tamu merasa dihargai dan memberikan kesan baik bagi perusahaan.

Bersikap kooperatif juga akan menciptakan suasana ramah yang meredam rasa kesal tamu sehingga mereka lebih tenang dan bisa bersabar sementara Kamu mencarikan solusi yang tepat atas komplain mereka.

  • Terakhir, sikap positif yang Kamu tunjukkan tentu berdampak positif pula terhadap hubungan antara tamu dengan perusahaan.

Para staf selalu diharapkan untuk bisa menangani komplain customer dan mengubah kesan negatif menjadi kesan positif. Dengan begini, hubungan antara customer dengan perusahaan bisa terjalin dengan baik.

Menangani komplain memang bukan situasi mudah, sehingga Kamu harus selalu mempersiapkan diri untuk menghadapi hal-hal di luar ekspektasi. Cobalah untuk sharing dengan staf lain yang lebih berpengalaman mengenai cara mereka menghadapi komplain dari customer.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Konflik di Hotel

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News