Peralatan yang Kamu Gunakan untuk Membuat Teh dan Kopi

Peralatan yang Kamu Gunakan untuk Membuat Teh dan Kopi

Editor AJAR.id

Peralatan yang Kamu Gunakan untuk Membuat Teh dan Kopi

AJAR.id – Halo Ajarian! Mungkin urusan membuat teh dan kopi bukanlah hal yang asing buatmu, terlebih hal itu tentu Kamu lakukan sehari-hari. Akan tetapi, tahukah Kamu peralatan apa saja yang digunakan oleh perhotelan untuk membuat minuman tersebut?

Sudah pasti jenis peralatan yang akan Kamu butuhkan bergantung pada jenis minuman yang akan Kamu buat, dan tentunya yang tersedia di lokasi kerjamu. Tidak selamanya setiap tempat memiliki mesin pembuat kopi atau alat penyeduh teh yang spesifik.

Setidaknya melalui artikel ini Kamu akan mempelajari beragam alat yang digunakan untuk membuat minuman nonalkohol sederhana, yaitu teh dan kopi.

Perlengkapan Teh

Ketika Kamu akan membuat teh pesan tamu, Kamu akan sering menggunakan:

  1. Sumber air panas – pemanas air dapat berupa teko, tremos, dispenser air, atau perangkat pemanas air elektrik (biasanya terhubung dengan instalasi listrik perhotelan).
  2. Teapot – atau yang disebut cerek untuk menjerang air teh biasanya digunakan untuk menyajikan minuman ala teh poci kepada pemesan dengan kapasitas lebih dari satu cangkir.
  3. Penyaring teh – khususnya untuk penyajian teh daun, alat ini biasanya sudah terdapat di dalam teapot sebagai penyaring sehingga daun teh tidak ikut tertuang.

Perlengkapan Kopi

Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat kopi jauh lebih beragam ketimbang pembuatan teh. Alat-alat tersebut bervariasi, dari yang bersifat manual hingga yang menggunakan sistem elektrik.

Perlengkapan tersebut dapat berupa:

  1. Mesin pembuat kopi – sering juga disebut espresso machine (mesin pembuat kopi espresso) yang saat ini lebih bersifat otomatis dengan mengandalkan sistem elektronik.
  2. Penggiling kopi – mesin pembuat kopi modern pada umumnya sudah memiliki alat penggiling otomatis—berbeda dengan alat penggiling yang masih menggunakan sistem pengerjaan manual.
  3. Alat penimbang – pembuatan kopi dengan kualitas premium tentu tidak akan sembarangan menentukan takaran kopi dan semua bahan yang akan diolah tanpa terlebih dahulu menimbangnya.
  4. Penyaring kopi – seperti halnya pembuatan kopi espresso secara manual, alat ini berfungsi sebagai penyaring ampas kopi sehingga tidak ikut tertuang ke dalam cangkir penyajian.
  5. Sumber air panas – sama seperti pembuatan teh, peralatan pemanas air akan sangat berguna khususnya ketika membuat seduhan kopi instan, atau proses dripping
  6. Drip filter dan plunger – kedua alat ini sama-sama berfungsi untuk menyaring ampas kopi selain menggunakan alat atau mesin espresso.

Semua peralatan pembuatan teh dan kopi yang telah disebutkan di atas pada umumnya sudah menjadi hal wajib yang harus disediakan oleh pihak industri, terlebih yang meyediakan standarisasi produk dan layanan premium.

Baca juga: 3 Opsi Peracikan Kopi dan Teh untuk Pengunjung Hotel

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News