Peran Karyawan dan Manajemen dalam K3 di Hospitality Industry

Peran Karyawan dan Manajemen dalam K3 di Hospitality Industry

Editor AJAR.id

Peran Karyawan dan Manajemen dalam K3 di Hospitality Industry

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah kita mengetahui fungsi dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), ada baiknya jika Kamu mempelajari juga peran dari K3 tersebut dalam Hospitality Industry. Dengan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan ruang kerja atau pun pekerjaanmu, Kamu diharapkan akan semakin menguasai tugas dan tanggung jawabmu.

Peran K3 dalam Hospitality Industry melibatkan dua belah pihak yang saling berkaitan, yaitu antara pemilik/manajemen dan karyawan. Masing-masing pihak memiliki porsi tanggung jawab yang berkaitan dengan dan diatur dalam K3 yang secara umum dapat dijabarkan sebagai berikut:

Peran Pemilik/Manajemen dalam K3

Secara umum peran pengusaha/pemilik perusahaan dalam kaitannya dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah:

  1. Memberikan pelatihan dan pengarahan yang jelas mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja kepada setiap karyawan.
  2. Mengadakan Komite Keselamatan Kerja atau sejenisnya di dalam suatu ruang lingkup pekerjaan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi bilamana di suatu ruang atau area pekerjaan dibutuhkan perbaikan dan perawatan sehingga lingkungan kerja yang aman dapat terlaksana.
  3. Mencatat daftar kecelakaan dan kesalahan kerja untuk dijadikan bahan evaluasi.
  4. Mematuhi semua kesepakatan atau perjanjian kerja yang berkaitan dengan kemampuan karyawan dalam pelaksanaan pekerjaan. Hal ini berkaitan dengan pengenalan kapasitas karyawan sebelum melaksanakan tugasnya. Apakah suatu pelatihan khusus diperlukan demi mencegah kesalahan dan kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh ketidakcakapan kerja.
  5. Memberikan pengarahan dan instruksi tertulis dengan menggunakan bahasa yang berterima dan dapat dipahami oleh setiap karyawan.
  6. Menyediakan seluruh peralatan keselamatan yang diperlukan oleh karyawan dalam melaksanakan pekerjaan. Peralatan tersebut dapat berupa sarung tangan, masker, pelindung telinga, kacamata, pakaian dan sepatu pengaman.
  7. Menjaga keselamatan dan keamanan area kerja bagi setiap karyawan, serta senantiasa memantau segala persoalan mengenai Keselamatan dan Kesehatan karyawan. Contohnya, semua peralatan listrik dan mesin harus memenuhi standar keamanan yang telah ditentukan.
  8. Menyediakan ruang kerja yang sehat. Hal ini dapat dilihat dari ketersediaan ventilasi atau ruang sirkulasi udara di setiap area pekerjaan.
  9. Menyediakan peralatan P3K yang mencukupi dan terjangkau bagi setiap karyawan. Ketersediaan kotak P3K yang mudah dijangkau oleh setiap karyawan di setiap titik-titik area pekerjaan akan sangat bermanfaat ketika suatu kecelakaan kerja terjadi.

Peran Karyawan dalam K3

Dalam dunia pekerjaan, khususnya dalam Hospitality Industry, tentu karyawan pun memiliki peran yang berkaitan dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, seperti:

  1. Menjaga kinerja yang mengutamakan keselamatan pribadi, rekan kerja, dan pelanggan.
  2. Menggunakan peralatan keselamatan sesuai dengan instruksi yang telah diberikan oleh perusahaan atau pada saat pelatihan kerja.
  3. Mengikuti seluruh prosedur dan ketentuan K3 yang telah diinstruksikan pada saat pelatihan atau pengenalan awal.
  4. Memberikan laporan kecelakaan, cedera atau sakit kepada pihak yang berwenang dan melakukan pencatatan sesuai dengan instruksi K3.
  5. Melaporkan segala jenis kerusakan dan permasalahan yang terjadi pada peralatan dan perlengkapan kepada pihak yang berwenang sehingga dapat segera dilakukan penanganan.
  6. Memenuhi semua kriteria persyaratan yang telah dicanangkan oleh pihak Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
  7. Tidak mengintervensi proses pelaksanaan K3 yang dilakukan oleh pihak terkait

Setidaknya begitulah gambaran umum yang dapat kita ketahui dari peran Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi masing-masing pihak dalam dunia kerja, khususnya Hospitality Industry. Semoga dengan informasi yang telah AJAR.id sampaikan di atas dapat menambah wawasanmu dalam dunia pekerjaan. Tetap semangat dan tetap berlatih.

Baca juga: Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Industri Pariwisata dan Perhotelan

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News