Peran Karyawan dan Manajemen dalam K3 di Hospitality Industry

Peran Karyawan dan Manajemen dalam K3 di Hospitality Industry

AJAR Hospitality

Peran Karyawan dan Manajemen dalam K3 di Hospitality Industry

AJAR.id – Hello Ajarian! Setelah kita mengetahui fungsi dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), ada baiknya jika Kamu mempelajari juga peran dari K3 tersebut dalam Hospitality Industry. Dengan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan ruang kerja atau pun pekerjaanmu, Kamu diharapkan akan semakin menguasai tugas dan tanggung jawabmu.

Peran K3 dalam Hospitality Industry melibatkan dua belah pihak yang saling berkaitan, yaitu antara pemilik/manajemen dan karyawan. Masing-masing pihak memiliki porsi tanggung jawab yang berkaitan dengan dan diatur dalam K3 yang secara umum dapat dijabarkan sebagai berikut:

Peran Pemilik/Manajemen dalam K3

Secara umum peran pengusaha/pemilik perusahaan dalam kaitannya dengan Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah:

  1. Memberikan pelatihan dan pengarahan yang jelas mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja kepada setiap karyawan.
  2. Mengadakan Komite Keselamatan Kerja atau sejenisnya di dalam suatu ruang lingkup pekerjaan. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi bilamana di suatu ruang atau area pekerjaan dibutuhkan perbaikan dan perawatan sehingga lingkungan kerja yang aman dapat terlaksana.
  3. Mencatat daftar kecelakaan dan kesalahan kerja untuk dijadikan bahan evaluasi.
  4. Mematuhi semua kesepakatan atau perjanjian kerja yang berkaitan dengan kemampuan karyawan dalam pelaksanaan...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News