Perbedaan Vegetarian dan Vegan beserta Jenis-Jenisnya

Perbedaan Vegetarian dan Vegan beserta Jenis-Jenisnya

Editor AJAR.id

Perbedaan Vegetarian dan Vegan beserta Jenis-Jenisnya

AJAR.id – Hello Ajarian! Gaya hidup sehat semakin banyak diterapkan oleh masyarakat. Gaya hidup ini juga meliputi pola makan yang memiliki pertimbangan-pertimbangan khusus, seperti vegetarian dan vegan.

Agar Kamu mampu melayani customer vegetarian dan vegan yang datang ke restoran, Kamu harus memahami dahulu definisi keduanya. Karena, persepsi orang mengenai arti dari vegetarian dan vegan bisa berbeda-beda lho!

Secara umum, menjadi vegetarian adalah sesederhana tidak mengonsumsi daging, namun ada pula yang berpendapat bahwa vegetarian semestinya tidak mengonsumsi produk hewani dalam bentuk apapun.

Untuk memahami perbedaan vegetarian dan vegan lebih dalam, simak penjelasan berikut yuk!

Vegetarian requests – istilah vegetarian tidak hanya mendeskripsikan orang yang tidak mengonsumsi daging saja, namun ada beberapa jenis vegetarian lain, seperti:

  • Lacto-ova vegetarian/Ova-lacto vegetarian – yaitu kategori orang yang tidak mengonsumsi daging dan ikan namun tetap mengonsumsi telur dan produk susu
  • Lacto-vegetarian – merupakan orang yang tidak mengonsumsi daging, ikan, dan telur namun tetap mengonsumsi produk susu (dairy products)
  • Pescatarian – merupakan orang yang tidak mengonsumsi daging hewan namun tetap mengonsumsi ikan
  • Porco-vegetarian – yaitu kaum vegetarian yang tidak mengonsumsi daging jenis apapun selain daging babi (pork)

Vegan – definisi vegan memiliki beberapa interpretasi, namun yang paling umum adalah kategori orang yang tidak mengonsumsi daging, ikan, telur, dan produk susu beserta produk-produk turunannya (seperti gelatin). Jadi, seorang vegan hanya mengonsumsi buah, sayur, dan protein nabati.

Para vegan juga bisa menetapkan diri untuk hanya mengonsumsi makanan mentah/tidak diproses, atau makanan yang belum mencapai suhu di atas 46ºC (karena mereka percaya makanan di atas suhu ini telah menghilangkan sebagian gizi dari makanan atau berbahaya bagi tubuh manusia)

Saat melayani customer yang memiliki pola makan khusus, biasanya mereka akan menyampaikan langsung kebutuhan mereka saat memesan. Namun, tidak masalah jika Kamu inisiatif bertanya kepada customer. Layani permintaan vegetarian atau vegan dengan profesional, tanpa memberi kesan bahwa permintaan mereka membebanimu.

Baca juga: Jenis-Jenis Whiskey yang Harus Diketahui Staf F&B Service

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News