Perlukah Melaporkan Coaching Progress?

Perlukah Melaporkan Coaching Progress?

Editor AJAR.id

Perlukah Melaporkan Coaching Progress?

AJAR.id – Hello Ajarian! Kegiatan coaching terbilang tidak formal, karena berbeda dengan training. Namun sebagai Coach, Kamu tetap diharuskan untuk melaporkan progres dari sesi coaching yang dilaksanakan. Pelaporan bisa secara verbal, tertulis, atau kombinasi keduanya.

Kepada siapa laporan harus diberikan?

Management hotel atau Owner hotel, Human Resources DepartmentHead Office (untuk mengidentifikasi karyawan yang memenuhi syarat promosi jabatan, dll.) serta Supervisor

Seberapa sering laporan perlu diserahkan?

Frekuensi pelaporan bisa disesuaikan, namun umumnya laporan ‘verbal’ biasa dilakukan harian. Sekadar percakapan satu atau dua menit sudah cukup untuk melaporkan progres yang berjalan. Sementara laporan tertulis bisa diserahkan mingguan, bulanan, saat sesi coaching berakhir, atau kala meeting/rapat.

Mengapa Kamu perlu melaporkan coaching progress?

  1. Untuk mengecek keseluruhan skill para staf. Level skill staf yang bekerja akan dicatat dan menjadi acuan saat ada perpindahan jabatan.
  2. Sebagai referensi jika perlu diadakan coaching lain waktu. Laporan ini akan membantu coach dalam menentukan kebutuhan training atau coaching
  3. Untuk mengidentifikasi siapa saja yang berpotensi diberikan coaching/training lanjutan untuk pengembangan skill, baik staf individu, departemen, atau keseluruhan perusahaan.
  4. Untuk melihat potensi karyawan yang bisa dipromosikan berdasarkan kemampuan mereka mengerjakan tugas tertentu atau kemampuan manajerialnya.
  5. Untuk memperbarui employeerecord karena ketika skill mereka berkembang, nilai mereka pun bertambah di mata perusahaan.
  6. Untuk menghimpun data statistik, seperti jumlah staf yang menjalankan coaching, total waktu yang dihabiskan untuk coaching, serta dana yang dihabiskan untuk penyelenggaraannya.

Melaporkan coaching progress itu penting, karena sebagai bentuk pertanggungjawabanmu sebagai Coach yang ‘melatih’ karyawan. Management, HR, Head Office berhak mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah berjalan untuk memahami kapasitas, skill, potensi dan komitmen karyawan mereka.

Baca juga: Kunci Teamwork yang Solid di Industri Pariwisata dan Perhotelan

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News