Permasalahan Umum Seputar Hospitality Industry

Permasalahan Umum Seputar Hospitality Industry

Editor AJAR.id

Permasalahan Umum Seputar Hospitality Industry

AJAR.id – Hello Ajarian! Tidak menutup kemungkinan bahwa setiap tempat kerja tentu memiliki permasalahan-permasalahan yang dapat timbul di berbagai bidang. Tentu tidak diharapkan, tapi bila telah teridentifikasi permasalahan-permasalahan tersebut akan dapat dengan mudah diatasi.

Menjaga kelaikan area kerja berarti menjaga dan mengelola segala aktivitas yang berlangsung agar sesuai dengan standar dan prosedur kerja. Dengan kata lain, kemungkinan terjadinya kesalahan atau kecelakaan kerja dapat diminimalisir sebaik mungkin.

Permasalahan yang berkaitan dengan kelaikan kerja dalam hospitality industry pada umumya meliputi kebisingan, mabuk, perkelahian, dan permasalahan sosial di lingkungan perhotelan.

Secara umum, permasalahan-permasalahan yang dapat timbul dalam hospitality industry dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu yang berkaitan dengan lingkungan dan industrial.

Permasalahan Lingkungan

  1. Penggunaan air – penggunaan air sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan sanitasi lingkungan baik di area perhotelan maupun pariwisata sendiri. Dewasa ini banyak digalakkan imbauan mengenai penghematan penggunaan air di lingkungan perhotelan.
  2. Pengolahan lahan oleh pihak pengelola wisata – pengelolaan lahan di area perhotelan dan pariwisata bertujuan untuk memperbaiki tatanan sehingga dapat menarik perhatian pengunjung/tamu. Hal ini juga melibatkan imbauan kepada seluruh pengunjung atau pengguna area untuk tidak merusak sarana dan prasarana di lingkungan perhotelan maupun pariwisata.
  3. Daur ulang materi – penggunaan bahan-bahan daur ulang yang tidak membahayakan bagi kesehatan merupakan salah satu cara untuk melestarikan lingkungan wisata.
  4. Penggunaan pembungkus atau kemasan – sampah yang ditimbulkan dari pembungkus atau kemasan produk (khususnya makanan) harus ditempatkan pada tempat yang memang sengaja disediakan oleh pihak hotel maupun pariwisata setempat.
  5. Pembelian makanan – pentingnya mengatur anggaran pembelanjaan konsumsi dapat berkontribusi terhadap pengurangan konsumsi karbon, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.
  6. Penggunaan daya – penggunaan daya yang berlebih tentu dapat berpengaruh terhadap kerusakan lingkungan. Untuk menanggulangi permasalahan ini tentu dibutuhkan kebijakan mengenai pengenghematan daya di semua sektor.

Permasalahan Industrial

Permasalahan yang berkaitan dengan perindustrian pada umumnya melibatkan relasi antara pemilik/manajemen dan karyawannya. Hal ini bisa berkaitan dengan upah dan standar kerja setempat.

Di beberapa negara standar kerja ditentukan oleh situasi, kondisi, serta kebutuhan antara kedua belah pihak di mana perubahan dapat terjadi sewaktu-waktu.

Akan sangat berguna bila Kamu mengetahui ketentuan-ketentuan yang berlaku (baik untuk pemilik/manajemen maupun karyawan) di area kerjamu. Hal-hal seputar permasalahan industrial dapat ditemukan seperti di bawah ini.

  1. Rentang Gaji – temasuk upah lembur, sif, jadwal di luar jam kerja, kerja pada saat hari libur, standar pengupahan masing-masing divisi kerja, kerja kasual, paruh waktu, dan karyawan tetap.
  2. Prosedur penyelesaian masalah yang berlaku – termasuk peraturan yang berlaku, waktu penyelesaian sengketa, dan pihak yang terlibat.
  3. Pemutusan kerja (PHK) – Kamu sebaiknya mengenali hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya pemberhentian kerja di area kerjamu.
  4. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) – mengenali peran pemilik/manajemen dan karyawan yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan kerja serta melaksanakan prinsip dan prosedur K3 tersebut di area kerja.
  5. Pelatihan – pelatihan merupakan salah satu sarana untuk menanggulangi ketidakmampuan dan kecelakaan kerja, khususnya bidang-bidang yang membutuhkan keahlian tertentu.
  6. Sumber informasi yang tersedia – terbatasnya sumber informasi yang tersedia di suatu area kerja dapat menjadi permasalahan tersendiri. Terlebih ketika pembaruan informasi sangat dibutuhkan untuk pelaksanaan teknis tertentu.

Baca juga: Berbagai Konflik yang Kerap Muncul di Hotel

Salam Jempol!

By Patricius Adipratama

Recommended Posts

AJAR in The News