Pertolongan Pertama Pada Gigitan dan Sengatan Hewan

Pertolongan Pertama Pada Gigitan dan Sengatan Hewan

Editor AJAR.id

Pertolongan Pertama Pada Gigitan dan Sengatan Hewan

AJAR.id – Hello Ajarian! Pertolongan pertama merupakan tindakan yang dilakukan untuk menyelamatkan korban dalam situasi darurat saat pertolongan medis belum tiba. Memiliki skill untuk melakukan pertolongan pertama itu penting, karena akan sangat membantu dalam kondisi darurat serta bisa menyelamatkan nyawa seseorang.

Dalam artikel ini, AJAR.id akan membahas bagaimana pertolongan pertama pada gigitan dan sengatan hewan. Apa saja sih yang harus Kamu lakukan untuk menanganinya?

Dalam kondisi dimana seseorang mendapat gigitan ular, berikan pertolongan pertama sebagai berikut:

Selain gigitan ular, pahami juga cara memberi pertolongan pertama pada gigitan dan sengatan serangga. Tindakan yang dianjurkan untuk menolong korban adalah:

  1. Cabut penyengat (stinger) dengan lembut menggunakan pisau steril atau jari kuku yang steril
  2. Bersihkan luka dengan air mengalir
  3. Kompres luka dengan es batu untuk menenangkan kulit yang tersengat
  4. Pantau laju pernapasan korban, apakah semakin melambat atau terlihat sesak napas
  5. Bila korban mengalami reaksi serius seperti pembengkakan parah atau gejala alergi, segera bawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan profesional

Ketika sedang menangani pasien yang mengalami gigitan dan sengatan hewan, perhatikan gejala-gejala yang mungkin timbul seperti pembengkakan pada mulut dan tenggorokan, wajah yang memerah, gatal-gatal, atau sesak napas. Bila perlu, lakukan CPR atau pernapasan buatan untuk menstabilkan kondisi pasien hingga bantuan medis tiba.

Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Kondisi Shock dan Tersedak

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News