Prosedur Mencuci Peralatan Makan untuk Room Service

Prosedur Mencuci Peralatan Makan untuk Room Service

AJAR Hospitality

Prosedur Mencuci Peralatan Makan untuk Room Service

AJAR.id – Hello Ajarian! Nampan yang sudah selesai digunakan untuk room service biasanya dikembalikan ke service area. Nantinya staf akan membersihkan nampan dari sisa-sisa makanan serta peralatan makan, gelas dan piring yang sudah selesai digunakan.

Semua peralatan tersebut biasanya dipindahkan ke area cuci lalu dimasukkan ke alat pencuci piring otomatis. Namun, ada juga beberapa hotel yang merendamnya di dalam air sabun terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke mesin pencuci piring otomatis.

Untuk piring dan gelas, terutama yang berbahan kaca sering kali dicuci secara terpisah. Piring dan gelas dari nampan akan dipisah-pisahkan sesuai dengan jenisnya. Misalnya, gelas untuk wine dikumpulkan dengan gelas yang sejenis, begitu pun dengan gelas air. Gelas yang sudah dikelompokkan biasanya langsung dimasukkan ke dalam wadah untuk dicuci.

Sementara itu, ada beberapa hotel yang masih mencuci peralatan tersebut menggunakan tangan alias dengan metode manual. Peralatan yang sudah selesai digunakan akan digosok dengan sabun lalu staf akan meletakkannya ke dalam sebuah wadah khusus. Kemudian staf lainnya akan membilas gelas dan piring tersebut hingga bersih.

Untuk peralatan makan seperti sendok dan garpu atau item lainnya yang berukuran kecil umumnya akan dicuci menggunakan mesin pencuci piring otomatis. Jika hotel tempatmu bekerja hanya...

Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News