Prosedur untuk Memantau Kehadiran Tamu di Hotel

Prosedur untuk Memantau Kehadiran Tamu di Hotel

AJAR Hospitality

Prosedur untuk Memantau Kehadiran Tamu di Hotel

AJAR.id – Hello Ajarian! Sebagai staff resepsionis, Kamu harus terus memantau kehadiran para tamu dengan cara membuat prediksi jumlah tamu yang hadir dan menghitung jumlah tamu yang datang ke hotel. Hal ini perlu dilakukan untuk mengoptimalkan penjualan kamar.

Kerugian akibat gagalnya penjualan dalam sehari tidak akan pernah bisa tergantikan. Maka dari itu, beberapa hotel akan memberikan potongan harga kamar jika tamu yang datang tidak banyak atau sepi.

Kondisi ini juga menjadi awal mula dibuatnya sistem wait list. Wait list adalah sebuah daftar yang berisi data para tamu yang memesan namun belum bisa mendapatkan kamar karena penuh. Tamu dalam daftar wait list akan mendapatkan kamar ketika hotel menerima pembatalan pesanan atau ada tamu yang melakukan check out lebih cepat.

Penyimpangan terjadi bila prediksi jumlah tamu tidak sesuai dengan jumlah tamu yang datang ke hotel. Jika sudah terindikasi penyimpangan, maka hotel perlu melakukan tindakan sebagai berikut:

  1. Memberikan denda no show pada tamu yang sudah melakukan pemesanan namun tidak datang ke hotel
  2. Periksa kembali tipe kamar yang sudah dipesan, pastikan kamar yang sudah dipesan aman, karena meski tamu tidak datang ke hotel, mereka sudah membayar untuk kamar tersebut
  3. Jika ada tamu yang belum datang di waktu yang...
Kamu mengakses konten premium, untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kamu dapat membaca semua konten premium kami GRATIS hanya melalui Apps.
Download Sekarang!!

Recommended Posts

AJAR in The News