Prosedur Meminjamkan Barang kepada Tamu di Hotel

Prosedur Meminjamkan Barang kepada Tamu di Hotel

Editor AJAR.id

Prosedur Meminjamkan Barang kepada Tamu di Hotel

AJAR.id ─ Hello Ajarian! Setiap hotel pastilah berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada tamu, termasuk menyediakan segala kebutuhan yang tamu perlukan. Akan tetapi, tentu tidak mungkin semua barang atau fasilitas yang diinginkan tamu bisa disediakan pada setiap kamar.

Selain membutuhkan biaya yang besar, suasana kamar menjadi tidak nyaman jika barang yang ada di kamar terlalu banyak. Maka dari itu, hotel menyediakan layanan peminjaman untuk berbagai barang yang dibutuhkan tamu.

Apa saja benda yang biasanya dipinjamkan oleh hotel?

  • Extra bed
  • Bantal khusus
  • Cutlery/perlengkapan makan tambahan
  • Selimut
  • Handuk
  • Charger
  • Kabel internet
  • Video player
  • Alat setrika beserta papannya
  • Adaptor
  • Hair dryer
  • Mainan anak
  • Dsb.

Barang yang dipinjamkan bisa tanpa dikenakan biaya maupun disertai biaya tambahan, tergantung dari kebijakan hotel masing-masing. Untuk dapat meminjamkan barang inventaris hotel, Kamu perlu mengikuti prosedur di bawah ini:

  1. Catat barang yang dipinjamkan, hal ini agar Kamu bisa melacak peminjaman yang berlangsung dan mengetahui jika ada barang yang belum dikembalikan.
  2. Berikan barang yang diminta tamu sesuai waktu yang Kamu janjikan, jangan menunda-nunda hingga membuat tamu menunggu terlalu lama ya.
  3. Mintalah tanda tangan tamu yang meminjam jika peminjaman tersebut dikenakan biaya atau barang yang dipinjam terhitung mahal/berharga.
  4. Bila ada biaya tambahan atas peminjaman barang, catat dan informasikan ke staf Front Office.
  5. Pastikan selalu bahwa barang pinjaman telah dikembalikan dan ditaruh pada tempatnya semula.

Tamu yang ingin meminjam barang biasanya menghubungi Housekeeping atau Front Office, maka pastikan Kamu memahami prosedur peminjaman yang berlaku di hotel. Ketahui juga lokasi barang-barang yang bisa dipinjamkan, agar Kamu tidak kebingungan saat membutuhkannya. Kalau ternyata barang yang tamu minta tidak tersedia, sampaikan maaf dan jelaskan dengan baik ya Ajarian!

Baca juga: 4 Karakter yang Harus Dimiliki Room Attendant Profesional

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News