Proses Clear Up Area Restoran

Proses Clear Up Area Restoran

Editor AJAR.id

Proses Clear Up Area Restoran

AJAR.id – Hello Ajarian! Berbagai area di restoran perlu dibersihkan, dikosongkan atau dibongkar di akhir jam operasional. Prosedur ini harus diselesaikan sesuai dengan standar perusahaan dan mematuhi semua persyaratan keselamatan kerja.

Tugas-tugas tersebut biasa dilakukan pada akhir shift, namun apa pula yang mengharuskan untuk dilakukan di awal shift. Proses clear up pada area restoran mencakup:

  1. Stripping table – yaitu proses menyingkirkan seluruh benda dari atas meja termasuk tablecloth. Dalam proses stripping table, umumnya Kamu juga diharuskan untuk membersihkan dan merapikan kursi. Untuk memudahkan pembersihan lantai, sebaiknya kursi diangkat ke meja.
  2. Area sekitar coffee machine – area ini perlu dibersihkan dari tumpahan kopi atau gula yang berceceran. Selain itu, ganti atau isi ulang persediaan kopi, gula, cangkir, dll. bila perlu.
  3. The waiter’s stations – bersihkan dan isi ulang persediaan seperti cutlery, piring, napkin, dll.
  4. Kitchen food service area – tugas yang dikerjakan di area ini umumnya terkait pengisian ulang condiment dan merapikan peralatan makan. 
  5. Area restroom/toilet– tugas untuk membersihkan restroom/toilet biasanya dibebankan pada petugas khusus, tetapi waiter juga memiliki beberapa tanggung jawab pada akhir shift, seperti:
  • Mengecek apakah masih ada customer di toilet saat restoran sudah tutup
  • Memeriksa apakah ada barang tertinggal di area toilet
  • Memastikan apakah ada bagian yang perlu segera dibersihkan atau diperbaiki
  • Mengisi ulang persediaan tisu, sabun cuci tangan, dll.
  1. Furniture – tugas-tugas dasar yang harus dikerjakan meliputi:
  • Menggeser meja dan kursi ke posisi aslinya, aturlah sesuai seating plan yang ditetapkan restoran.
  • Memindahkan extra chair yang dibawa ke area restoran. Bawa extra chair tersebut ke tempat penyimpanan yang sesuai.
  • Memindahkan high chair. Customer yang membawa balita kerap meminta high chair untuk mendudukkan anak-anak mereka. Pindahkan dan simpan high chair setelah selesai digunakan.
  1. Jendela dan pintu – lakukan spot cleaning sesuai kebutuhan dan pastikan sudah dalam keadaan tertutup dan terkunci rapat.
  2. Area lantai – bersihkan dari sampah dan kotoran yang berceceran, bila ada area yang perlu pembersihan spesifik.
  3. Display restoran – rapikan display yang ada dan isi persediaan seperti brosur dan flyer.
  4. Area tunggu dan area resepsionis – pungut sampah yang berceceran kemudian rapikan area tersebut agar nyaman.

Jangan lupa juga untuk menyiram tanaman di area restoran, serta mengecek apakah ada kerusakan atau tidak. Laporkan barang-barang yang tidak berfungsi normal agar bisa ditangani dan dioperasikan kembali.

Baca juga: Cara Mengecek Kepuasan Pelanggan Restoran

Salam Jempol!

By Inas Nadiya

Recommended Posts

AJAR in The News